Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Buah alpukat merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan nutrisi dan vitamin serta memiliki kandungan lemak baik cukup tinggi. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah alpukat ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu manfaat alpukat untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Mencegah Depresi

manfaat-alpukat-02

Siapa sangka, ternyata manfaat alpukat dapat mencegah terjadinya depresi. Kandungan magnesium yang terdapat dalam alpukat, ternyata baik untuk mencegah depresi. Jika Anda kekurangan magnesium, maka tingkat kecemasan akan cenderung lebih tinggi. Serta, sulit untuk tidur pada saat malam hari. Ketika tubuh kekurangan waktu tidur, maka akan mudah mengalami stress dan juga mudah terkena depresi. Selain kandungan magnesium, alpukat ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berfungsi untuk melepaskan neutronsmitter seperti serotonin dan juga dopamine.

Baca juga : Ternyata Ini Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Diketahui

2. Perkembangan Janin

manfaat-alpukat-03

Bagi ibu yang mengandung, ada baiknya untuk mengkonsumsi buah alpukat untuk perkembangan janin. Sebab, alpukat memiliki asupan kalsium yang terpenuhi dengan baik. Kalsium di dalam alpukat, berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang. Apabila asupan kalsium terpenuhi, maka janin akan terlahir dengan sehat dan memiliki tulang kuat.

3. Membuat Kulit Bersinar dan Awet Muda

manfaat-alpukat-04

Ternyata alpukat memiliki keajaiban yang banyak dicari oleh para wanita. Sebab, alpukat dapat membuat kulit bersinar dan awet muda bagi yang mengkonsumsinya. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat, mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga kulit menjadi bersinar dan awet muda.

4. Mengurangi Kerutan Pada Kelopak Mata

manfaat-alpukat-05

Jika Anda sedang bingung untuk menghilangkan kerutan pada kelopak mata, cobalah untuk menggunakan masker dari bahan dasar alpukat. Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat seperti hydratingfast, fatty acids, serta vitamin E dapat melembabkan kulit agar tidak kering. Selain melembabkan, menggunakan masker alpukat secara rutin, akan membuat kulit lebih kencang.

5. Perawatan Kulit Kepala

manfaat-alpukat-06

Buah alpukat juga daoat digunakan untuk perawatan kulit kepala. Anda dapat menjadikan buah alpukat sebagai masker untuk perawatan kulit kepala. Masker ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut, serta dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang terdapat dalam alpukat sangat dibutuhkan oleh kulit kepala. Kandungan nutrisi tersebut adalah vitamin dan asam lemak omega 3 yang efektif untuk menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau.

Baca juga : Jenis Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersama Sangat Bermanfaat

6. Mencegah Katarak

manfaat-alpukat-08

Tidak kalah dengan buah wortel yang baik untuk kesehatan mata. Manfaat alpukat selain untuk rambut dan kulit, ternyata baik juga untuk kesehatan mata. Terutama untuk mencegah terjadinya katarak. Hal ini disebabkan karena alpukat mengandung dua jenis antioksidan yang bermanfaat u tuk kesehatan mata, yaitu lutein dan zeaxanthin. Berdasarkan penelitian, kedua vitamin ini dapat membantu menurunkan resiko seseroang mengidap penyakit mata katarak yang umumnya diderita para lansia.

Itulah beberapa manfaat alpukat yang perlu diketahui. Sehingga Anda akan lebioh rutin untuk mengkonsumsinya ya. Buatlah makanan yang mengandung bahan dasar alpukat, agar tubuh lebih bernutrisi. Bahkan, Anda dapat membuat olahan makanan dari alpukat dengan ragam menu, seperti kue, es krim, jus, dan salad.