Populernya negara gingseng yang satu ini merebak hingga ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tidak hanya Kpopnya saja yang terkenal, melainkan makanan yang muncul di berbagai drama korea juga menjadi terkenal. Nah, Anda juga dapat membuat masakan korea sendiri di rumah jika mengetahui bumbu rahasia berikut ini.

Hot Link : Drama Korea Terbaik

1. Doenjang

masakan korea 1

Merupakan bumbu rahasia yang terbuat dari kedelai tanpa menambahkan cabai. Bumbu yang satu ini memiliki tekstur yang menggumpal karena terbuat dari fermentasi kedelai. Nah, bumbu yang satu ini menjadi bahan utama dalam pembuatan sup yang terkenal di Korea yaitu doenjang jjigae. Mungkin Anda dapat menemukan bumbu seperti ini di supermarket yang menjual beragam jenis bumbu internasional. Jika di Indonesia ada tauco di Korea ada doenjang.

Baca juga : Wisata Kuliner Halal di Hong Kong yang Wajib Dicoba

2. Chunjang

masakan korea 2

Jjajangmyoen, siapa yang tidak kenal dengan masakan Korea satu ini? Bahkan saat ini sudah banyak beredar di Indonesia loh. Masakan yang satu ini merupakan makanan peranakan Cina yang paling populer di Korea Selatan. Bahkan selalu menjadi bagian dalam drama Korea. Makanan ini berupa mie dengan siraman topping saus hitam. Nah, saus hitam ini terbuat dari campuran kedelai hitam, tepung, dan karamel yang sudah di fermentasi. Bumbu ini yang dinamakan chunjang, memiliki rasa asin dan manis yang cocok untuk mie dengan rasa hambar.

3. Gochujang

masakan korea 3

Ternyata bumbu ini yang memberikan rasa enak dalam makanan bibimbap, tteokbboki, budae jjigae. Jika Anda pernah makan makanan itu pasti sudah tidak asing dengan rasa dari gochujang ini. Bumbu merah dengan rasa pedas, manis, dan asin menjadi bumbu wajib yang harus Anda miliki jika ingin membuat masakan Korea.

Baca juga : Mengganti Asupan Karbohidrat dengan Menu yang Satu ini

4. Gochugaru

masakan korea 4

Merupakan bubuk cabai yang paling sering digunakan sebagai campuran dalam kimchi. Orang Korea yang identik dengan pemakan makanan pedas ini selalu mengolah masakan apapun menggunakan cabai.

5. Samjang

masakan korea 5

Samjang merupakan sambal khas Korea yang terbuat dari campuran doenjang, gochujang, minyak wijen, bawang bombai, bawang putih, daun bawang, dan gula. Biasanya samjang ini dijadikan sambal olesan untuk jenis masakan Korean Barbeque.

Nah, Anda sudah mengetahui beragam jenis bumbu rahasia yang dapat digunakan untuk membuat masakan Korea. Anda dapat mencari bumbu itu di beberapa supermarket yang menjual bumbu internasional.

Pecinta Drama Korea Harus Bersiap-siap Kedatangan 10 Drama Korea yang Tayang di Bulan Juli