Sudah berapa lama kamu dan dia menjalin hubungan? Bagaimana hubungan kalian selama ini? Apakah semakin kuat dan bahagia? Atau justru malah mulai kehilangan geloranya? Bila kamu mau memastikan hubunganmu dengannya baik-baik saja, ada baiknya kamu menjawab terlebih dahulu ketujuh pertanyaan berikut ini:

1. Saat terjadi masalah dengan pacar, apakah kamu berusaha mempertahankan diri mati-matian?

young couple

Pertengkaran adalah sesuatu yang tak mungkin tidak dialami oleh pasangan yang sedang menjalin hubungan asmara. Yang menjadi pertanyaan bukanlah apakah kalian sering bertengkar atau tidak, tetapi apakah pada saat bertengkar atau timbul masalah, kamu membela dirimu sendiri mati-matian?

Jika jawabanmu adalah ya, maka sebaiknya kamu segera mengubah kebiasaan membela diri tersebut, karena tidak baik untuk hubungan kalian berdua. Jika kamu selalu bersikap defensif, maka kamu memiliki kecenderungan untuk tidak mau mendengarkan apa yang dikatakan oleh pasanganmu. Hal ini yang bisa menyebabkan sebuah hubungan berakhir.

2. Apakah kamu peka terhadap situasi yang sedang terjadi dan perasaan pasangan?

young-couple-fighting-in-public

Jika ya, maka hubunganmu tentunya baik-baik saja. Namun jika kamu sering tidak peka terhadap apa yang terjadi dan perasaan pasangan, maka kamu harus mulai berusaha untuk melatih kepekaan dan mulai peduli terhadap hubungan kalian.

3. Apakah kamu menunjukkan perhatian padanya, walau sekecil apapun, sebagai tanda kamu mencintainya?

Kartu Ulang Tahun, Buku Saku Hankie - Produk Uprint.id
Kartu Ulang Tahun, Buku Saku Hankie – Produk Uprint.id

Cara menunjukkan kamu mencintai pasanganmu bukan hanya melalui ucapan semata, tetapi harus disertai dengan tindakan nyata, walau sekecil apapun. Berikan perhatian yang disertai dengan gerak-gerik sederhana untuk menunjukkan betapa berartinya dia bagimu.

Kamu tidak harus memberikan kejutan besar untuk menunjukkan cintamu yang besar untuknya. Tindakan dan perhatian kecil saja, asalkan tulus, sudah dapat membuat dia terharu dan makin cinta kepadamu. Jadi, apakah selama ini kamu telah memberikannya perhatian?

4. Apakah ada sesuatu yang kalian lakukan bersama yang hanya kalian yang dapat memahami dan menikmatinya?

141495-161570

Melalui waktu berdua saja untuk melakukan suatu aktivitas juga penting untuk mempertahankan kekokohan sebuah hubungan. Apakah ada aktivitas yang hanya khusus dilakukan berdua saja atau tidak ada? Jika tidak ada, maka kamu dan dia bisa mulai mencari aktivitas bersama apa yang bisa kalian berdua lakukan bersama, yang tentunya harus kalian berdua sukai, agar hubungan semakin awet.

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Dilakukan Pasangan yang Memiliki Hubungan Asmara yang Sehat dan Kuat

5. Apa ada perasaan cemburu yang timbul saat melihat dirinya bersama orang lain?

jealous_guy_bisexual_man

Cemburu sangatlah normal dirasakan pada saat kamu melihat dirinya bersama orang lain, cemburu merupakan tanda cinta. Namun, perlu diingat bahwa cemburu berlebihan malah bisa membuat pasanganmu menjadi sebal terhadapmu. Selain itu, cemburu berlebihan juga merupakan tanda kalau kamu tidak percaya padanya.

6. Apakah kamu kagum terhadap pasanganmu dan menjadikannya inspirasi?

8e8dbb51a45d22993af42b2d20440f01

Apakah ada perasaan kagum dan bangga memiliki dirinya sebagai pasanganmu? Lalu apakah dia suka menjadi inspirasimu pada saat-saat yang dibutuhkan? Jika kamu tidak mengagumi dan membanggakan dirinya, untuk apa kamu bersamanya?

7. Apakah kamu dan dia sama-sama saling berkorban?

romantic-couple-photography10

Kamu dan dia mungkin sudah sama-sama tahu dan sadar bahwa agar hubungan cinta bisa berhasil diperlukan pengorbanan. Namun, apakah selama ini kamu hanya sekadar tahu dan sadar saja, tapi tidak melakukan pengorbanan untuk melihat dirinya bahagia?

Artikel terkait: Benarkah 5 Hal Ini Merupakan Bukti Cinta yang Besar Terhadap Kekasih?

cetak-undangan-pernikahan