Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Membuka bisnis bukan hanya modal yang menjadi kendala, melainkan feed back dari konsumen juga dapat menjadi kendala. Anda dapat mengambil keputusan untuk dihadapi atau tidak. Sebaiknya, Anda menghadapi keluh kesah dari para konsumen agar bisnis yang Anda rintis dapat sesuai dengan keinginan. Mengatasi amarah konsumen memang agak sulit, sebab kekecewaan mereka terhadap produk atau pelayanan sudah terlalu besar di hati, sehingga mereka melampiaskannya dengan begitu saja. Sabar, adalah kunci untuk menenangkan mereka, tapi sabar yang dimaksud di sini adalah menghadapi mereka dengan kepala dingin agar masalah tidak semakin lebar. Nah, sebelum menghadapi konsumen yang marah, sebaiknya Anda mengikuti tips mengatasi amarah para konsumen yang kadang bikin jengkel.

Baca juga : 7 Aturan Utama Mendirikan Bisnis Kafe Sukses

1. Tips Pertama : Cobalah Cepat Tanggap Respon yang Negatif

mengatasi_amarah_01

Setiap manusia apalagi pengusaha pasti pernah mengalami kesalahan, namun dengan memberikan respon cepat kepada konsumen Anda sudah dapat bertanggung jawab atas kesalahan yang telah terjadi. Apalagi, jika Anda berjanji untuk mengganti kerusakan atau kerugian yang dialami konsumen dan menepati janjinya, maka dengan cepat para konsumen akan memaafkan Anda.

Saat Anda mendapatkan respon negatif atas kekecewaan mereka sebaiknya responlah secepat mungkin, dengan cara menghubungi konsumen dan berikanlah penjelasan yang sebenarnya. Jangan menunggu untuk merspon, bisa-bisa konsumen langsung menshare keluh kesah mereka terhadap kinerja Anda di media sosial yang jauh lebih berbahaya untuk bisnis Anda.

Baca juga : 4 Cara untuk Mengetahui Apa Sebenarnya Keinginan Klien Anda

2. Tips Kedua : Tetaplah Tersenyum dan Selalu Ramah Terhadap Konsumen

mengatasi_amarah_02

Walau konsumen sedang dilanda amarah yang besar terhadap Anda, jangan sampai kehilangan senyum dan keramahan terhadap konsumen. Jika itu terjadi, maka amarah mereka akan semakin memuncak dan tidak akan padam. Senyum dan keramahan Anda akan menjadi penengah dalam masalah tersebut. Gunakanlah bahasa yang formal namun tetap ramah dan dapat memberikan informasi jelas kepada konsumen. Jika secara verbal konsumen tidak dapat menerima jawaban Anda, maka yang harus dilakukan adalah berikan promo yang menenangkan mereka dari kekecewaan. Seperti memberikan sebuah voucher diskon atau kupon belanja di toko Anda sebagai permintaan maaf kepada konsumen.

Baca juga : 4 Tips Sukses Branding Menggunakan Merchandise

Mengatasi amarah konsumen memang memerlukan tenaga ekstra agar konsumen dapat menerima jawaban atau penjelasan dari Anda maupun dari tim di perusahaan. Itulah tips untuk mengatasi amarah konsumen yang kadang menjengkelkan. Setiap bisnis memang harus membangun image yang baik kepada konsumen. Jika ingin bisnis terus berjalan, Anda harus mampu mendengarkan keluah kesah konsumen dari yang negatif hingga positif dan mampu mengatasi amarah mereka. Semua harus Anda rangkum dan menjadikan pelajaran kedepannya agar bisnis dapat lebih baik.