Banner sering Anda jumpai baik di dalam toko, mall, pagelaran, pameran, atau bahkan di tepi jalan raya. Media promosi yang umumnya dicetak dengan print digital ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana berbagi informasi, media iklan, ataupun media brand awareness. Selain itu, banner juga dapat dipakai berulang-ulang sehingga lebih ekonomis jika dibandingkan media promosi lainnya.

Berdasarkan penempatannya, banner dibedakan menjadi dua, yaitu banner indoor yang dipasang di dalam ruangan dan banner outdoor yang biasanya diletakkan di ruang terbuka. Tak hanya itu, banner masih terbagi lagi ke dalam beberapa jenis dan fungsinya masing-masing. Untuk menghindari kekeliruan, Anda bisa mengenali jenis-jenis banner dan fungsinya berikut ini.

X-Banner

banner_1

Dinamakan X-Banner sebab jenis banner ini pada pemasangannya diberi penyangga berupa tiang berbentuk huruf X. Tiang penyangga sengaja dibuat dari bahan pipa aluminium kecil sehingga ringan dan mudah dipindah tempat. Biasanya, X-Banner diletakkan di samping pintu masuk sebuah toko, kantor, atau ruang seminar.

Jenis banner ini cocok untuk diletakkan di indoor maupun outdoor. Menariknya, tiang penyangga banner ini bisa dipakai berulang-ulang sehingga Anda hanya perlu mencetak ulang banner saja sesuai dengan ukuran stand-nya. Ukuran X-Banner sendiri bermacam-macam, ada yang 25×40 cm, 60×120 cm, 60×160 cm, atau 80×180 cm.

Y-Banner

banner_2

Serupa dengan X-Banner, Y-Banner juga terdiri dari banner dan rangka yang saling terpisah. Bedanya, jenis banner ini mempunyai tiang penyangga yang berbentuk seperti huruf “Y”.  Biasanya, Y-Banner memiliki semacam alas di bagian bawahnya agar dapat berdiri lebih kuat. Namun, media promosi Y-Banner ini terbilang kalah populer dengan X-Banner yang lebih mudah Anda jumpai. Ukuran standar Y-Banner adalah sebesar 60×160 cm.

Mini X-Banner

banner_3

Pada dasarnya, mini X-Banner sama dengan X-Banner biasa. Keduanya sama-sama menggunakan tiang penyangga berbentuk “X”. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran mini X-Banner yang lebih kecil, yaitu 26×38 cm atau lebih kecil lagi sesuai keinginan. Apabila dilihat dari segi bahannya, mini X-Banner terbagi menjadi dua macam, yaitu mini X-Banner yang dilapisi stainless dan X-Banner tanpa lapisan. Umumnya, jenis banner ini diletakkan di atas meja untuk mempromosikan menu-menu makanan di restoran.

Roll Up Banner

banner_4

Roll up banner memiliki fungsi yang sama praktisnya dengan jenis banner sebelumnya. Uniknya, penggunaan banner ini dilakukan dengan cara digulung. Jadi, ketika Anda hendak menggunakan banner ini, cukup menarik banner tersebut dari atas ke bawah. Ukuran standar roll up banner adalah 80×200 cm, 85×200 cm, 120×200 cm, bahkan sampai 150×200 cm.  Roll up banner ini dinilai efisien karena mudah dibawa ke mana pun dan sangat ringan.

Banner jenis ini terbuat dari bahan yang kuat dan mempunyai daya tahan yang tangguh. Roll up banner lebih pas jika dipasang di dalam ruangan. Pasalnya, penggunaanya hanya diperuntukkan untuk pameran, etalase toko, dan ruang penjualan. Selain harganya yang murah, roll up banner juga mampu menampilkan produk Anda secara menyeluruh tanpa terhalang lipatan atau jatuh tertiup angin.

Setelah mengenali jenis-jenis banner dan fungsinya, sekarang Anda tidak akan keliru dalam membuat atau pun memesan banner untuk keperluan promosi bisnis. Agar menarik perhatian pengunjung, maka desain Banner harus dibuat unik dan sederhana. Pastikan konten yang dimuat dalam banner singkat, padat, dan jelas serta dilengkapi gambar-gambar yang terkait dengan promosi yang dilakukan.