Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Ramadan telah tiba, bersiaplah untuk menahan godaan dari menu buka puasa yang bisa membuat puasa Anda batal di detik-detik terakhir. Saat waktu ngabuburit tiba, dipastikan di jalan utama, bahkan di sudut gang-gang kecil semua kota yang ada di Indonesia, penjual dadakan akan bertebaran. Mereka menjajakan makanan dan minuman yang siap untuk mengguyur rasa lapar dan dahaga kita setelah seharian berpuasa. Tak jarang banyak anak-anak kecil yang merengek pada ayah ibunya untuk segera dibelikan menu-menu tersebut.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik untuk Sahur Selama Berpuasa

Dari hasil riset dan pantauan tim Uprint.id, tiga menu buka puasa ini merupakan menu paling favorit dan banyak di cari di Indonesia. Mau tahu apa sajakah itu?

1. Gorengan

menu buka puasa gorengan

Meski seruan tentang hidup sehat kini mulai banyak digaungkan, sepertinya seruan itu bisa tiba-tiba lenyap saat Ramadan. Berbuka puasa tanpa gorengan terasa hambar. Siapa yang mampu menolak godaan tahu isi, pisang goreng, tempe mendoan ataupun tahu petis hangat yang baru diangkat dari penggorengan? Aromanya saja sudah membuat kita menelan ludah berkali-kali. Apalagi saat adzan magrib telah berkumandang, gorengan dijamin membuat buka puasa terasa istimewa.

2. Teh Hangat

menu buka puasa teh hangat

Setelah seharian menahan haus dan dahaga, segelas teh hangat menjadi menu minuman yang tak boleh ketinggalan bagi sebagian besar keluarga di Indonesia. Teh hangat manis bisa menjadi sumber tenaga saat kondisi tubuh mulai lemas, hingga bisa kembali siap beraktivitas menjalankan sholat magrib dan tarawih. Jika di hari-hari biasa, teh hangat tak dilirik sama sekali. Berbeda saat bulan puasa tiba, segelas teh hangat terasa sangat istimewa. Rasa hangat dan manis yang menjalar dari tenggorokan menuju ke perut memberikan kesegaran yang tak terkira.

Baca juga: Menu Buka Puasa yang Anti Mainstream dan Menyehatkan

3. Kolak Pisang

menu buka puasa kolak

Menu favorit terakhir yang paling banyak dicari di Indonesia yaitu kolak pisang. Ada banyak versi kolak pisang di negeri kita tercinta. Ada yang disajikan dengan santan, ada pula yang disajikan dengan kuah bening dan aroma kayu manis. Apapun jenisnya, Ramadan tak akan lengkap jika dalam sebulan belum menyantap menu kolak ini.

Tiga menu buka puasa di atas membuktikan bahwa tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk Ramadan yang istimewa. Menu-menu sederhana ternyata justru paling dinanti. Kalau sahabat Uprint.id, mana menu berbuka paling favorit?