Tidak ada satu pun anak yang menginginkan orang tuanya bercerai. Namun jika kondisi memaksa kita mendapati kenyataan bahwa perceraian adalah solusi terbaik yang diambil oleh kedua orang tua kita, jangan sekalipun merasa hidup telah hancur. Berkacalah dari tiga anak artis ini yang menjadi bukti bahwa orang tua bercerai bukanlah hambatan untuk tetap berprestasi.

Baca juga: Ini 7 Cara Membahagiakan Ibu Tanpa Harus Menunggu Mapan

1. Panji Surya Sahetapy

orang tua bercerai surya sahetapy

Anak bungsu dari Ray Sahetapi dan Dewi Yull ini merupakan anak istimewa. Sejak usia dua tahun ia telah divonis tuli oleh dokter, dan pada tahun 2004 ia harus menghadapi kenyataan bahwa orangtuanya bercerai. Namun ternyata semua hal tersebut tidak menghalanginya untuk tetap berprestasi. Dia tampil sebagai sosok inspirator yang kerap mengikuti konferensi internasional menyangkut disabilitas dan pertukaran pelajar. Dia juga aktif menyuarakan hak-hak penyandang disabilitas seperti dirinya.

Baca juga: 6 Tips Mudah Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Tua

2. Azka Corbuzier

orang tua bercerai azka corbuzier

Siapa yang tak mengenal bocah laki-laki tampan ini? Memiliki kecerdasan di atas rata-rata, ia adalah penyandang dyslexia. Namun karena arahan dari ayahnya, Deddy Corbuzier, Azka justru tampil menjadi bintang. Bahkan baru saja ia dinobatkan sebagai lulusan terbaik di sekolah dasarnya. Meski harus tinggal terpisah dari ibunya, Kalina, karena bercerai dari ayahnya, ia menjadi contoh bahwa perceraian orangtua bukanlah akhir segalanya. Bahkan lewat videonya yang sempat trending beberapa tahun lalu, ia menceritakan betapa ia justru jauh lebih bahagia dengan kondisinya saat ini.

Baca juga: Setiap Anak Pasti Ingin Membahagiakan Orang Tuanya, Tapi Bagaimana Caranya?

3. Stephanie Poetri

orang tua bercerai stephanie poetri

Orang tua bercerai bukanlah sebuah hambatan bagi Stephanie untuk tetap berkarya. Mengikuti jejak sang ibu, Titi Dj, ia mengeluarkan single perdananya yang juga merupakan soundtrack film AADC 2. Tidak hanya berprestasi di dunia tarik suara, Stephanie yang baru saja lulus SMA ternyata juga memiliki prestasi yang membanggakan di bidang akademik. Nggak tanggung-tanggung ia mendapatkan nilai sempurna di tiga bidang studi; bahasa inggris, matematika dan psikologi.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Komunikasi yang Efektif antara Orang Tua dan Anak?

Dari tiga kisah anak artis di atas, kita jadi bisa belajar kan kalau orang tua bercerai bukanlah akhir dari segalanya. Meskipun orang tua kita berpisah, mereka akan tetap menjadi orang tua kita. Dan kita harus selalu membuatnya bangga.