Nota merupakan bukti transaksi pembelian atau penjualan barang secara tunai. Nota terdiri dari 2 lembar kertas, yang pertama untuk pihak pembeli dan kertas kedua untuk pihak toko. Nota dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu nota debit dan kredit. Perbedaanya seperti penjelasan berikut ini.

1. Nota Debit

nota-02

Sebuah bukti transaksi pengiriman kembali barang yang rusak. Ketika konsumen membeli barang, namun ternyata barang yang dibeli terdapat kerusakan. Kemudian konsumen mengembalikan barang tersebut karena tidak sesuai keinginan atau pesanan. Bukti transaksi ini, dibuat sendiri oleh pembeli, dan kemudian mengirimnya kembali ke toko beserta barang yang akan dikembalikan.

Baca juga : Jenis Kertas Undangan yang Harus Diketahui Sebelum Membuatnya

2. Nota Kredit

nota-04

Merupakan bukti transaksi penjualan barang dengan cara kredit. Bukti transaksi ini dibuatkan oleh penjual kemudian dikembalikan ke pembeli, dan dapat diartikan sebagai pengurangan harga faktur. Karena barang rusak sebagian atau kualitasnya tidak sesuai dengan keinginan.

Informasi yang terdapat dalam bukti transaksi ini biasanya terdiri dari nomor nota, tanggal transaksi, nama toko dan pembeli, alamat toko dan pembeli, jumlah barang, dan nama barang. Tidak lupa dengan kolom total harga untuk jumlah keseluruhan. Beberapa perusahaan sering membuat bukti transaksi yang dibuat sendiri. Dengan desain menarik, serta beberapa identitas perusahaan.

nota-05

Penggunaan logo, warna, alamat, dan nomor telepon biasanya berseragam dengan kop surat atau identitas dari perusahaan. Hal ini bertujuan untuk, menguatkan identitas bisnis perusahaan kepada konsumen. Bahan yang digunakan untuk membuat bukti transaksi seperti ini adalah kertas NCR. Merupakan jenis kertas yang memiliki kandungan serat karbon. 

Baca juga : Pentingnya Sebuah Nota untuk Tanda Bukti Transaksi Pembayaran

Jika Anda ingin membuat atau mencetak bukti transaksi seperti ini, dapat memesannya secara online di Uprint.id. Tersedia beberapa desain template, dan ukuran yang dapat digunakan. Anda dapat membuat bukti transaksi dengan desain sendiri, agar lebih memperkuat identitas bisnis serta perusahaan. Dengan mencetak bukti transaksi secara personalisasi, akan memudahkan konsumen ketika hendak memesan kembali, atau mengembalikan pesanan yang tidak sesuai.

nota-01

Bukti transaksi memiliki beberapa ukuran yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Berbagai bentuk juga tersedia, anda dapat menggunakan bentuk yang diinginkan untuk menyesuaikan kebutuhan. Dengan mencetak bukti transaksi secara personal akan lebih melengkapi kebutuhan. Karena, mencetak bukti transaksi sesuai yang diinginkan. Mudahnya mencetak secara personal, hanya melakukan pemesanan online dan mengunggah desain di halaman yang telah tersedia.