Seminar adalah sebuah acara yang dilakukan oleh satu organisasi atau perusahaan dengan lebih dari 20 tamu undangan. Biasanya seminar berisi beberapa materi penting untuk dibagikan. Acara seminar biasanya dilakukan oleh beberapa kampus, perusahaan, atau komunitas. Agar seminar menjadi kegiatan yang berkesan, persiapkan beberapa hal berikut ini.

1. Brosur

desain-brosur-04
designbolts.com

Untuk memberikan informasi tentang adanya seminar, media pemasaran efektif yaitu dengan brosur. Berikan informasi lengkap mengenai acara seminar, seperti tema, waktu dan tempat, pembicara atau bintang tamu. Bahkan, Anda dapat memberikan informasi berupa pembahasan secara sekilas.

Baca juga : Keuntungan Pesan Paket Seminar Secara Online di Uprint.id

2. ID Card

desain-id-card-02

Peralatan yang diperlukan selanjutnya adalah ID card untuk para panitia. Sehingga semua tim terorganisir dengan baik. Bahkan dapat menjadi tanda akses masuk panitia ke dalam ruangan seminar. Sehingga tidak akan ada orang di luar yang masuk sembarangan. Inilah keuntungan menggunakan ID card untuk acara penting seperti seminar.

3. Handout

seminar-02

Peralatan berikutnya adalah handout yang berisi beberapa materi seminar. Penjelasan yang sekilas, akan membuat peserta memahami sedikit tema dan percakapan selama seminar berlangsung. Di dalam handout, Anda dapat menyertakan profil pembicara di setiap materi. Sehingga peserta mengetahui latar belakang dari pembicara dan tema yang diangkat menjadi bahan pembahasan.

4. Pulpen

seminar-03

Peralatan lainnya adalah pulpen, Anda harus mempersiapkan beberapa pulpen untuk mengisi biodata pengunjung. Dengan adanya pendataan sebelum masuk, dapat mengetahui berapa banyak orang yang hadir dan yang hanya mendaftar saja. Selain itu, pulpen dapat dijadikan souvenir untuk mereka yang telah datang ke acara seminar.

5. Buku Tamu

seminar-04

Seperti yang diketahui, acara talk show seperti ini selalu menargetkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Agar hitungan pengunjung yang hadir dengan pendaftar dapat terdeteksi, jika Anda menggunakan buku tamu. Kewajiban peserta adalah mengisi buku tamu itu, dengan informasi diri seperti nama, alamat email, dan lain sebagainya.

6. Souvenir

seminar-05

Persiapkan juga souvenir untuk para peserta. Anda dapat memberikan souvenir satu tas spunbond yang  berisi buku tulis, pulpen, brosur, poster, stiker, tumbler dan lainnya. Memberikan souvenir, dapat dijadikan sebagai tanda terima kasih atas partisipasi peserta mengikuti acara talk show tersebut.

Baca juga : 5 Poin Utama, Selain Desain, yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Brosur Seminar

7. Banner

seminar-06

Selain brosur, Anda juga harus mempersiapkan banner. Cetak banner dengan informasi singkat namun tetap menarik pembaca untuk mengikuti acara itu. Misalnya menampilkan tema acara, pengisi acara, harga tiket masuk, dan beberapa sponsor di acara. Anda dapat meletakan banner di beberapa tempat yang strategis untuk dilihat. Seperti di depan halaman kampus, sekolah, dan tempat lainnya.

Beberapa peralatan tersebut, sudah pasti sangat dibutuhkan. Karena ini akan membantu kelancaran jalannya program talk show. Semakin menarik pembahasan, maka akan lebih banyak orang untuk tertarik dan mengikuti acara tersebut.