Spanduk adalah media informasi yang biasanya berukuran besar dan membentang. Media promosi yang satu ini, dipasang untuk memberikan informasi secara tidak langsung kepada pengguna jalan. Sebab, spanduk biasanya dipasang di beberapa tempat, dan salah satunya adalah di jalan besar. Spanduk memiliki ragam ukuran yang hanya dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan.

spanduk-03

Media pemasaran ini memiliki kelebihan yang harus diketahui sebelumnya, seperti berikut.

1. Proses pembuatan tidak rumit.

2. Jangkauan pemasangan yang luas dan frekuensi tinggi.

3. Mencakup semua target audience.

4. Penempatan yang fleksibel.

5. Dapat dilihat berulang-ulang.

Baca juga : Panduan Sederhana Dalam Mendesain Spanduk

Spanduk memiliki manfaat yang menguntungkan bagi penggunanya. Seperti dapat memberikan informasi secara langsung. Namun, saat Anda mencetak spanduk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena spanduk tidak dapat memberikan informasi secara panjang dan lebar. Sehingga Anda harus membuat kalimat singkat dan jelas namun dapat dipahami orang yang membacanya.

spanduk-02

Hal apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin membuat spanduk? Pertanyaan ini sering ditanyakan dan dicari tahu sebelum mencetaknya.

1. Desain Spanduk

spanduk-04

Hal utama yang perlu diketahui adalah desain spanduk. Tentukan desain yang ingin digunakan, dan mengkonsepkan semuanya sebelum mulai mencetak. Cari desain yang menarik perhatian orang. Meski media iklan berukuran tidak besar namun, saat dicetak dengan desain menarik, akan membuat pembaca ingin mengetahui lebih lanjut.

2. Menentukan Ukuran

spanduk-10

Ukuran untuk media pemasaran atau promosi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih ukuran yang cocok agar informasi tersampaikan. Sebab pemberian informasi harus disesuaikan juga dengan ukurannya.

3. Perhatikan Tulisan

spanduk-05

Jika Anda ingin meletakan media promosi harus mengetahui posisi yang tepat. Setelah itu, Anda menentukan ukuran tulisan. Jika ingin diletakan di jalan raya besar, buat ukuran tulisan yang besar. Karena untuk mempermudah pengguna jalan mengetahui informasi pada media pemasaran.

Baca juga : Media Promosi yang Tepat Akan Berdampak Baik Pada Hasil

4. Foto atau Gambar untuk Desain

spanduk-08

Perhatikan foto atau gambar media promosi yang akan digunakan. Ukuran gambar juga harus diperhatikan, tidak terlalu besar atau kecil. Dapat disesuaikan dengan ukuran media pemasaran. Pilih gambar yang tepat dan cocok dengan informasi, agar pembaca mengetahui maksud dari informasi itu.

5. Pilih Bentuk Huruf atau Font

spanduk-07

Dalam dunia desain atau percetakan, pemilihan font harus dilakukan. Anda perlu mencari font yang mudah diketahui. Jika ingin membuat indah tulisan, harus dicocokan dengan iklan. Seperti iklan informasi tentang wedding organizer, maka tulisan dapat menggunakan beberapa font menarik yang cocok. Namun jika iklan untuk bisnis, gunakan yang biasa akan lebih baik untuk menyampaikan informasi.

spanduk-06

Memperhatikan dan membuat konsep sebelum mencetak media promosi adalah satu hal yang wajib dilakukan. Beberapa hal di atas dapat Anda jadikan tambahan informasi sebelum membuat media promosi. Jika Anda ingin mencetak spanduk, dapat memesannya secara online di Uprint.id