uprint percetakan online indonesia

Perbedaan DPI dengan LPI dapat dilihat dari satuan yang digunakan untuk menyatakan resolusi. Sedangkan resolusi adalah, istilah yang digunakan saat menjelaskan banyaknya titik gambar dalam satu inci persegi. Jika pada gambar yang ditampilkan di monitor, titik-titik tersebut dinamakan dengan pixel atau dot. Kemudian jadilah (DPI) dot per inchi, ini adalah penjelasan mengenai DPI. Sedangkan untuk LPI adalah satuan titik-titik pada hasil cetak. Maka disebut dengan (LPI) line per inchi.

Baca juga : Berikan Desain Sablon Kaos atau Tas Spesial di Hari Raya Idul Fitri

Tujuan dari menentukan sebuah resolusi gambar adalah, untuk mendapatkan resolusi dan ukuran file yang diinginkan. Gambar pada monitor dan hasil cetak memiliki perbedaan yang mendasar pada saat mendeskripsikan gambar. Perbedaannya adalah, pada saat melihat gambar di monitor merupakan barisan pixel, sedangkan ketika melihat hasil cetak yang nyata merupakan kumpulan dari titik halftone. Monitor dapat menampilkan gambar sebesar 72 dpi meskipun memiliki resolusi 300 dpi. Namun berbeda dengan hasil cetak yang memiliki beragam ukuran resolusi.

perbedaan lpi dan dpi

Seperti pada hasil cetak surat kabar, menggunakan resolusi 35 lpi atau bahkan kurang. Begitu juga dengan hasil cetak majalah dengan kertas uncoated menggunakan 100-120 lpi. Kertas coated sendiri memiliki ukuran resolusi sebesar 133 lpi atau 150 lpi. Secara perbandingan antara gambar di monitor dengan hasil cetak memiliki perbedaan sekitar 1,5 : 1 atau 2 : 1. Sehingga untuk mencetak dengan menggunakan resolusi sebesar 150 lpi, diperlukan resolusi sebesar 225 hingga 330 dpi.

Baca juga : Desain Logo Perusahaan yang Menarik dan Informatif

Kedua satuan ini, mengukur kepadatan titik dalam ukuran 1 inchi. Perbedaan keduanya adalah DPI mewakili karakteristik fisik dari sebuah printer, sedangkan LPI mewakili karakteristik dari gambar digital. DPI berhubungan dengan keluaran dari printer, dan LPI ada hubungannya dengan masukan. Mesin cetak saat ini sudah modern, maka jumlah titik dan pixel biasanya hampir sama.

itulah perbedaan DPI dengan LPI yang harus diketahui. Bagi Anda yang akan membuat sebuah gambar atau bahkan mencetak, ada baiknya menentukan resolusi yang tepat. Dengan tujuan, agar mendapatkan hasil gambar dan file gambar yang sesuai keinginan.

uprint percetakan online indonesia