Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Keinginan dan kebutuhan memang merupakan pilihan yang membingungkan. Terutama mereka yang ingin mewujudkan sesuatu hal. Misalnya, membeli sesuatu yang diinginkan, Anda harus mempertimbangkan sebelumnya. Apakah itu keinginan atau kebutuhan. Sebelum memutuskan sesuatu, sebaiknya Anda mengetahui pengertian antara keduanya seperti berikut ini.

Baca juga : Tanda Keuangan Bermasalah Seperti Ini Harus Segera Diatasi

perbedaan-keinginan-dan-kebutuhan-01

Kebutuhan adalah semua barang ataupun jasa yang dibutuhkan manusia demi menunjang segala aktivitas dalam kehidupan sehari-sehari manusia tersebut. Kebutuhan tidak akan lepas dari kehidupan sehari-sehari. Sedangkan keinginan adalah segala kebutuhan lebih terhadap barang ataupun jasa yang ingin dipenuhi setiap manusia pada sesuatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk segera terpenuhi. Keinginan lebih bersifat tambahan, ketika kebutuhan pokok telah terpenuhi.

Baca juga : Alasan Penting Membuat Anggaran Keuangan yang Perlu Diketahui

Perbedaan keinginan dan kebutuhan ini juga berperan penting dalam dunia ekonomi dan bisnis. Misalnya, Anda sebagai pebisnis yang diinginkan adalah memperluas bisnisnya. Dalam hal ini keinginan menjadi sifat yang positif bagi kemajuan bisnis dan kesejahteraan karyawan. Namun untuk menunjang keinginan tersebut, yang harus dipenuhi adalah kebutuhan terlebih dahulu. Kebutuhan dalam hal ini seperti efektifitas kinerja, menambah karyawan, hingga peningkatan mutu produksi. 

Dalam efektifitas kinerja, misalnya bagian promosi Anda harus memikirkan proses promosi yang harus dilakukan. Seperti mencetak media promosi, hingga menentukan materi promosi. Selain itu, persiapkan kinerja karyawan yang akan melakukan kegiatan promosi tersebut.

Itulah perbedaan keinginan dan kebutuhan yang perlu diperhatikan. Semua hal harus dipertimbangkan antara keinginan dengan kebutuhan. Sehingga Anda dapat juga mempertimbangkan keuangan yang akan digunakan. Semakin Anda cermat dalam mempertimbangkan segala sesuatu hal, maka akan membuat ritme bisnis berjalan lancar. Begitu juga dengan kehidupan sehari-hari. Agar lebih terstruktur, yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan antara keinginan dengan kebutuhan. Jika hanya merasa ingin saja, tidak terlalu butuh dan kurang bermanfat. Sebaiknya pikirkan ulang, sebelum memutuskan untuk membeli atau memilikinya.