uprint percetakan online indonesia

Membahas mengenai kertas, yang ada dibenak Anda adalah kertas dengan ukuran A4 atau Folio. Dua jenis kertas tersebut memiliki perbedaan ukuran, bahkan ada beberapa dari jenis kertas yang belum diketahui. Seperti kertas A3 plus dan A3 biasa. Kertas dengan jenis A3 plus ini biasanya digunakan untuk proses cetak digital. Biasanya ukuran A3 plus ini jika dimasukan dalam ukuran centimeter ukurannya melebihi A3 biasa yang memiliki ukuran 29,7 x 420 cm. Sedangkan kertas dengan ukuran A3 biasa cenderung lebih kecil daripada ukuran A3 Plus. kertas dengan ukuran A3 dan ukuran A3 plus ini merupakan jenis kertas yang paling sering digunakan dalam dunia percetakan dan perkantoran.

ukuran-kertas-a3-a5

Baca juga : Sebaiknya Ketahui Ukuran Banner Terlebih Dahulu Sebelum Membuatnya

Selain itu, jenis kertas dengan ukuran A3 plus dan A3 ini biasanya digunakan oleh Arsitek, Notaris, Desain Grafis, dan kalangan profesi lainnya. Kertas dengan ukuran A3 plus dan A3 biasa ini lebih besar dua kali lipat dari ukuran A4. Pada umumnya kertas dengan ukuran seperti ini sudah dianggap besar, namun masih ada yang beranggapan lain bahwa kertas jenis ini masih terbilang ukuran kecil. Jenis kertas dengan ukuran A3 plus dan A3 biasa ini juga dapat digunakan untuk membuat brosur. Terutama jika Anda ingin mendapatkan hasil brosur yang lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh kertas A4.

Ketika Anda ingin membuat brosur dengan menggunakan kertas A3 standard maka pada saat pemberian warna cenderung akan memenuhi seluruh bagian kertas. Namun, ketika Anda membuat brosur dengan kertas ukuran A3 plus maka masih ada sisa bagian kertas yang tidak terkena tinta warna. Dengan begitu, bagian finishing akan dengan mudah memotong bagian yang tidak terkena warna tersebut.

Baca juga : Ketahui Ukuran Brosur Sebelum Anda Membuatnya

Ukuran A3 plus dan A3 standard akan sulit dibandingkan jika bagi orang awam yang belum pernah atau bahkan belum terbiasa melihat ukuran kertas seperti itu. Namun, Anda dapat dengan mudah membedakan antara kertas ukuran A3 plus dan A3 standard. Dengan cara ini Anda dapat membedakan ukurannya. Ambilah kertas A4 dua lembar dan jejerkan dalam bentuk panjang. Kemudian, cobalah meletakan kertas yang dianggap A3 plus atau A3 biasa. Jika ukurannya sama dengan A4 dijejerkan berarti itu merupakan kertas dengan ukuran A3 standard. Tapi, jika melebihi dari kertas A4 berarti itu merupakan A3 plus.

ukuran-kertas-a3-a4

cetak flyer

Lihat juga beberapa daftar harga Percetakan yang tersedia di store Uprint.id