Kartu nama yang baik itu seperti apa? Kartu nama yang dapat menggambarkan bisnis Anda atau perusahaan tempat Anda bekerja. Tidak mudah memang, namun sangat memungkinkan. Selain itu, kartu nama yang baik adalah kartu nama yang juga dapat meninggalkan kesan mendalam bagi si penerima. Oleh karena itu, kartu nama tidak bisa didesain sembarangan atau asal jadi. Jika Anda ingin kartu nama Anda disimpan oleh yang menerimanya, ikuti tujuh tips desain kartu nama berikut ini:

cetak kartu nama

7 Tips Desain Kartu Nama Agar Meninggalkan Kesan Mendalam Bagi Si Penerima

1. Logo perusahaan menempati porsi besar dalam kartu nama

new-featured-image-619x346

Logo adalah salah satu hal paling mendasar yang harus ada jika Anda memiliki sebuah perusahaan. Hal yang paling mudah diingat orang dari sebuah perusahaan adalah logonya.

Karena memegang peranan penting sebagai identitas perusahaan, logo perusahaan harus menempati porsi besar dalam kartu nama.

Pada umumnya logo perusahaan mendapatkan tempat sendiri di bagian belakang kartu nama, selain juga ditempatkan di bagian depan kartu nama bersama dengan informasi penting perusahaan.

Perlu Anda ingat bahwa tips desain kartu nama yang satu ini kurang akan berfungsi jika logo perusahaan itu sendiri tidak terlihat menarik. Pastikan logo perusahaan Anda memiliki desain yang mudah diingat dan berkesan namun tetap terlihat profesional.


2. Masukkan semua informasi penting sehubungan dengan perusahaan

tips desain kartu nama - cetak kartu nama di uprint.id
Hasil cetak kartu nama di Uprint.id

Tips desain kartu nama berikutnya yang harus Anda perhatikan berhubungan dengan informasi yang Anda masukkan ke dalam kartu nama.

Jangan Anda berusaha memasukkan banyak sekali informasi agar muat dalam kartu nama. Yang perlu Anda ikutsertakan hanyalah informasi penting, termasuk di dalamnya yaitu nama, jabatan serta alamat email Anda, nama, alamat, nomor telepon dan situs perusahaan.

Tujuan dibuatnya kartu nama adalah untuk mempermudah orang saat ingin menghubungi Anda. Jadi hanya informasi penting saja yang disarankan untuk tercantum dalam kartu nama.


3. Sederhana itu menyenangkan

awesome-business-card

Betapa indahnya kesederhanaan itu, termasuk di dalamnya adalah kartu nama yang sederhana. Sederhana itu menyenangkan, semakin sederhana kartu nama Anda, maka semakin orang menyukainya.

Bagaimana caranya agar kartu nama terlihat sederhana? Selain poin nomor dua yang telah disampaikan di atas, silakan Anda baca juga poin nomor empat dan lima di bawah.


4. Jenis tulisan harus yang mudah dibaca

businesscard25

Satu prinsip yang perlu dipegang dalam setiap tindakan kita adalah jangan mempersulit orang lain. Prinsip ini berlaku juga dalam pembuatan kartu nama. Anda ingin kartu nama Anda dibaca dan disimpan orang, bukankah begitu?

Jika memang demikian, maka sebaiknya Anda menggunakan jenis tulisan yang mudah dibaca, sehingga orang tidak merasa bingung dan malas saat melihat kartu nama Anda.

Baca juga: Jadilah Menonjol Dengan Kartu Nama Anda


5. Hindari menggunakan terlalu banyak warna

awesome-business-card-25

Tips desain kartu nama kelima yang juga perlu Anda ikuti adalah hindari penggunaan warna yang terlalu banyak. Cukup Anda gunakan saja satu warna atau kombinasi dua atau tiga warna. Jangan terlalu berlebihan, yang Anda desain adalah kartu nama. Anda tentunya tidak ingin meninggalkan kesan kurang baik, bukan?


6. Jika memungkinkan, buatlah kartu nama Anda memiliki kegunaan lain

mac-funamizu-business-card-3

Semakin bergunanya suatu barang, maka orang akan semakin menyukai barang tersebut. Jadi, jika memang memungkinkan, jadilah kreatif dengan membuat kartu nama yang berfungsi bukan hanya sebagai identitas bisnis, namun juga yang memiliki fungsi lain.


7. Gunakan teknik finishing spesial

foil-business-cards-15

Tips desain kartu nama terakhir dari kami adalah gunakan teknik finishing spesial agar kartu nama Anda terlihat mengagumkan dan eksklusif. Dampak dari menggunakan teknik finishing yang spesial Anda adalah kartu nama Anda akan terlihat menonjol dibandingkan kartu nama pebisnis lain. Misalnya, seperti contoh kartu nama di atas, Anda dapat menggunakan foil untuk kartu nama Anda.

Artikel terkait: 8 Contoh Desain Kartu Nama Kreatif dan Tidak Biasa

cetak kartu nama