Membahas akhir tahun, sudah pasti akan merencanakan banyak aktivitas. Mulai dari traveling hingga melakukan kegiatan santai lainnya di rumah. Jika Anda berencana untuk melakukan traveling namun tidak memiliki banyak biaya, cobalah beberapa tips traveling hemat biaya berikut ini. Asyik juga jika dilakukan seorang diri, alias solo traveling.

1. Membuat Rencana Sejak Awal

traveling-hemat-biaya-01-membuat-rencana

Merencanakan sebuah kegiatan sejak awal, merupakan tanda bahwa Anda benar-benar siap ingin melakukan perjalanan. Dalam hal ini, tidak hanya mengenai destinasi wisata saja, melainkan seluruh akomodasi juga harus dipersiapkan dengan membuat ragam rencana. Hindari travelling dadakan, terutama jika ini akan menjadi perjalanan yang jauh dan lama. Selain akan membutuhkan biaya yang lebih mahal, liburan mendadak memiliki risiko hasil tidak maksimal. Anda dapat saja mengalami berbagai kendala ketika travelling, hanya karena tidak memiliki rencana dan persiapan yang matang sejak awal. Ini akan sangat merugikan diri sendiri dan membuang waktu yang sebenarnya dapat dilakukan untuk kegiatan lainnya.

Baca juga : Ubah Solo Traveling Kamu yang Sebelumnya Membosankan jadi Berkesan

2. Beli Tiket Jauh Hari

traveling-hemat-biaya-02-membeli-tiket

Nah, untuk yang satu ini tidak sedikit orang gagal dalam melakukan perjalanan wisata. Sebab kebanyakan dari mereka selalu memudahkan segalanya. Padahal, melakukan traveling harus sudah mempersiapkan segala hal, termasuk tiket. Jika Anda sudah matang dalam merencanakan perjalanan wisata, pasti sudah tahu waktu yang tepat untuk membeli tiket. Tentunya jauh-jauh hari sudah membeli tiket untuk ke tujuan traveling. Jika Anda ingin melakukan traveling hemat biaya, sangat dianjurkan untuk membeli tiket beberapa bulan sebelumnya. Selain harganya yang relatif masih murah, dengan membeli tiket jauh-jauh hari akan mengurangi resiko kehabisan tiket atau harga tiket melonjak tinggi.

3. Pilihlah Penginapan yang Murah dan Nyaman

traveling-hemat-biaya-03-penginapan-murah

Ketika Anda melakukan perjalanan wisata, jangan lupa untuk mencari dan memilih tempat menginap yang murah dan nyaman. Bagi para traveling hemat biaya, penginapan dapat dilakukan di mana saja. Misalnya, menginap di hotel kapsul dengan harga yang relatif murah berkisar antara 80 ribu hingga 100 ribu permalam. Hotel kapsul ini sedikit berbeda dari hotel pada umumnya, hanya saja dalam satu ruangan terdiri dari beberapa ruang tidur. Menginap di hotel kapsul ini, disarankan untuk Anda yang melakukan traveling sendirian.

Jika bersama keluarga atau pasangan kurang nyaman. Bila ingin menghemat lagi, Anda bisa memilih homestay yang memperbolehkan memasak sendiri selama menginap. Selain itu, Anda juga bisa membawa beberapa lauk dari rumah yang bisa dibawa selama travelling misalnya teri kacang, kentang goreng kering dan sebagainya. Untuk mendapatkan harga terbaik, jangan lupa untuk melakukan pemesanan penginapan ini sejak jauh-jauh hari juga, tentunya setelah tanggal liburan ditentukan.

4. Memilih Destinasi Liburan yang Sesuai Budget

traveling-hemat-biaya-04-destinasi-liburan

Selain memilih penginapan, Anda juga harus memilih destinasi liburan yang sesuai dengan budget. Dengan begitu, traveling hemat biaya akan terealisasi. Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan riset awal lokasi yang akan dikunjungi nanti. Hal ini dapat dilakukan secara online dengan melihat berbagai informasi mulai dari tempat-tempat wisata, penginapan dan sebagainya. Lihat dan lakukan perbandingan juga untuk setiap biaya yang akan dikeluarkan. Hal ini penting, untuk menjamin kenyamanan Anda selama travelling, terutama jika Anda akan mengajak serta anggota keluarga lainnya dalam perjalanan ini.

5. Melakukan Liburan di Luar Waktu Libur Nasional

traveling-hemat-biaya-05

Untuk menjalankan traveling hemat biaya, yang harus dilakukan selanjutnya adalah berlibur di lain libur Nasional. Misalnya berlibur di hari kerja, Anda dapat mengajukan cuti selain di hari libur pada umumnya seperti weekend dan libur Nasional. Pada umumnya, melakukan travelling di luar masa liburan membuat harga penginapan, tiket masuk wisata, hingga tiket pesawat, kereta, bus, atau kapal laut jauh lebih rendah dari biasanya. Semua ini tentu akan menghemat banyak uang Anda. Bukan hanya itu saja, di musim seperti ini tempat-tempat wisata akan lebih sepi, sehingga Anda bisa leluasa untuk menjelajah lebih banyak setiap destinasi yang dikunjungi.

6. Persiapkan Dana Cadangan dan Asuransi

traveling-hemat-biaya-06-menyiapkan-dana

Dalam setiap perjalanan travelling, jangan pernah untuk melupakan dana cadangan. Siapkan sejumlah dana cadangan di luar budget perjalanan, sehingga travelling tidak akan mengganggu keuangan Anda. Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan setelah kembali liburan, hanya karena tidak memiliki dana cadangan sejak awal. Selain itu, siapkan juga asuransi untuk perjalanan ini, sebab kita tidak pernah tahu kapan musibah dan juga berbagai masalah kesehatan akan datang. Semua ini harus sudah dipersiapkan sebelumnya. Terutama, saat berlibur dengan cuaca kurang mendukung karena sering berubahnya suhu dan cuaca.

7. Belanja Oleh-oleh dengan Cerdas

traveling-hemat-biaya-07-belanja-oleh-oleh

Belanja oleh-oleh kerap menjadi salah satu pos pengeluaran travelling yang tidak terkontrol dengan baik. Untuk menghindari hal seperti ini, luangkan waktu Anda dengan membuat list oleh-oleh yang akan dibeli, namun tetap sesuai dengan budget. Pilihlah tempat belanja oleh-oleh di pusat pasar yang menawarkan harga termurah. Ingat, belanjakan oleh-oleh sesuai dengan yang sudah di list sebelumnya, sehingga perjalanan Anda tetap berkesan dan hemat di kantong.

Baca juga : Perbedaan Tipe Traveler Terencana dan Petualang. Anda Termasuk yang Mana Nih?

8. Bepergian Menggunakan Transportasi Umum

traveling-hemat-biaya-08-transportasi-umum

Ada banyak moda transportasi yang murah dan dapat dijadikan pilihan, misalnya bus atau angkutan umum apapun. Pastikan Anda mencari informasi mengenai hal ini sejak awal, termasuk menyesuaikannya dengan lokasi penginapan yang akan Anda gunakan. Cermati juga jam-jam operasi moda transportasi ini, mengingat di beberapa daerah moda transportasi hanya beroperasi di jam-jam tertentu saja.

Itulah beberapa tips traveling hemat biaya yang dapat membantu Anda ketika ingin pergi berlibur. Pastikan semuanya sesuai dengan yang diinginkan atau sudah direncanakan. Dengan begitu, berlibur Anda akan semakin tenang dan nyaman.