Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Tradisi unik menyambut ramadan selalu menjadi hal yang menarik untuk dilihat. Terutama bagi mereka yang belum mengetahui aktivitas apa saja untuk menyambut ramadan dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya ragam tradisi, maka tidak heran jika tradisi islam mendapatkan banyak akulturasi dari berbagai budaya. Seperti tradisi unik menyambut ramadan yang berikut ini.

1. Balimau – Minangkabau, Sumatera Barat

tradisi-unik-menyambut-ramadan-balimau

Balimau merupakan sebuah tradisi yang sering dilakukan masyarakat Minangkabau. Tradisi berupa madni menggunakan jeruk nipis yang dilakukan di kawasan sungai atau tempat pemandian. Tradisi unik menyambut ramadan ini dipercaya dapat membersihkan diri secara lahir dan batin. Jeruk nipis dipilih karena zaman dulu orang belum mengenal sabun seperti saat ini. Mereka menggunakan jeruk nipis atau limau sebagai alat membersihkan diri.

Baca juga : 5 Makanan Sunnah Lain di Bulan Ramadan yang Harus Dicoba Selain Kurma

2. Dandangan – Kudus, Jawa Tengah

tradisi-unik-menyambut-ramadan-dandangan

Berikutnya dari kota Kudus Jawa Tengah, memiliki tradisi unik menyambut ramadan yang  dinamakan dandangan. Tradisi ini juga disebut dengan pasar malam ramadan. Biasanya acara ini berlangsung di sekitar alun-alun kota, dengan menampilkan aneka tradisi di depan pendopo kabupaten. Dalam tradisi ini, Anda akan menemukan ragam jenis kuliner serta beberapa kegiatan lainnya. Seperti pasar malam pada umumnya, dandangan juga memiliki ragam arena bermain untuk masyarakat bergembira di malam sebelum hari puasa tiba.

3. Pawai Obor

Untuk tradisi unik menyambut lebaran yang satu ini hampir dilakukan di semua kota di Indonesia. Tradisi pawai obor, ini biasanya dilakukan oleh anak-anak hingga remaja dengan cara berkeliling kampung atau desa. Kegiatan ini dimulai setelah ibadah sholat isya dan kemudian lanjut berkeliling desa hingga jam yang ditentukan. Pawai obor sendiri biasanya dilakukan dengan cara arak-arakan membawa obor yang terbuat dari bambu. Hal ini bertujuan untuk menarik antusiasme masyarakat setempat dalam menyambut bulan penuh rahmat sebulan ke depan. Pawai obor juga menjadi sarana silaturahmi antar warga.

4. Megengan – Surabaya, Jawa Timur

tradisi-unik-menyambut-ramadan-megengan

Tradisi unik menyambut ramadan yang satu ini ditandai dengan membagikan kue apem untuk menyambut bulan ramadan. Kue apem yang dibagikan juga selalu sesuai dengan angka tahun hijriyah. Setelah itu, kue dibagikan kepada warga di desa atau dusun tersebut. Pembagian kue apem ini juga diimbangi dengan saling memaafkan satu dengan yang lain. Termasuk minta maaf kepada keluarga hingga warga sekitar.

Baca juga : 6 Cara Cerdas Berhemat di Bulan Puasa Di Saat Banyak Acara Buka Bersama

5. Nyorog – DKI Jakarta

tradisi-unik-menyambut-ramadan-nyorog

Tradisi unik menyambut ramadan yang satu ini dinamakan nyorog. Tradisi dengan membawa bingkisan berisi makanan siap saji seperti lauk pauk, nasi, dan lain sebagainya. Namun kini bingkisan yang berisi makanan siap saji sudah tergantikan dengan bingkisan lain. Nyorog saat ini memberikan bingkisan berupa makanan pokok, seperti sembako yang lebih dibutuhkan untuk kehidupan beberapa hari. Inti dari tradisi unik ini adalah mempererat tali silaturahmi antar warga. Tradisi unik menyambut ramadan ini dilakukan oleh seluruh warga dan mengarak keliling desa atau dusun.

Itulah tradisi unik menyambut ramadan dari berbagai kota di Indonesia. Selain beberapa tradisi tersebut, masih banyak tradisi unik lainnya yang ada di beberapa daerah.