Bulan ramadan merupakan bulan yang selalu menyediakan berbagai makanan khas di setiap tahunnya. Semua orang bahkan sudah paham makanan apa saja yang ada di bulan ini. Seperti kurma, kolak, bahkan beberapa cemilan pembuka lainnya. Padahal ada makanan selain kurma di bulan ramadan ini yang harus dicoba.

1. Buah Labu

makanan selain kurma 1 makanan selain kurma 2

Labu biasanya menjadi campuran dalam hidangan kolak atau puding untuk menu takjil berbuka puasa. Tapi Anda juga dapat mengkonsumsi labu hanya dengan mengukusnya kemudian dipotong menjadi bagian-bagian kecil. Anda juga dapat menyajikannya sebagai hidangan sup agar hangat sebelum berbuka puasa. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba makanan selain kurma selama menjalankan ibadah puasa.

Baca juga : Ternyata Buah-buahan Ini Harus Sering Dikonsumsi Selama Berpuasa

2. Buah Melon

makanan selain kurma 3

Buah yang satu ini kaya akan serat dan banyak mengandung air. Mengkonsumsi melon selama menjalankan ibadah puasa dapat mengurangi masalah pada bagian pencernaan. Sehingga Anda akan sangat merasa nyaman setelah mengkonsumsi melon. Selain itu, dapat mencegah terjadinya panas dalam selama berpuasa.

3. Jenis Kacang-kacangan

makanan selain kurma 4

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang baik untuk pencernaan. Sehingga, sangat cocok jika dikonsumsi secara berkala selama bulan ramadan. Jenis kacang-kacang ini mengandung 26 persen kandungan protein. Makanan selain kurma yang satu ini, sangat mudah didapat. Anda dapat membuat beberapa hidangan pembuka dengan komposisi kacang-kacangan.

Baca juga : Agar Tidak Lemas Selama Berpuasa, Jangan Lakukan Hal Ini

4. Nasi Merah

makanan selain kurma 5

Nah, selain sehat nasi merah ini sangat baik dikonsumsi selama berpuasa. Nasi merah juga dapat menstimulus sistem pencernaan saat sedang dalam proses mengolah makanan. Bagi penderita diabetes juga sangat baik untuk mengkonsumsi nasi merah daripada nasi putih. Kadar gula yang tidak terlalu banyak sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

5. Buah Pisang

buah-buahan 2

Buah yang satu ini sangat mudah dicerna oleh pencernaan. Kandungan enjim pada pisang dapat membantu pencernaan memproses makanan, selain itu dapat meningkatkan energi dan dapat memperbaiki kerja usus.

Itulah makanan selain kurma yang harus Anda coba selama bulan ramadan. Makanan ini dapat membantu sistem pencernaan dan akan meningkatkan energi Anda selama beraktivitas di bulan puasa. Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa.