Bagi beberapa orang waktu luang dihabiskan untuk melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan keinginan. Padahal, waktu luang dapat Anda gunakan dengan sebaik mungkin dan mungkin menjadikan waktu luang yang produktif. Cobalah lakukan beberapa kegiatan ini agar waktu luang Anda menjadi lebih produktif.

1. Bergabung dengan Komunitas

waktu luang yang produktif 1

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk bersosialisasi dengan teman lain di luar lingkungan sekolah atau kampus. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pilih organisasi atau komunitas yang membawa dampak positif terhadap diri Anda. Dengan begitu waktu luang yang bermanfaat akan mudah didapatkan. Kesempatan ini juga akan membuat Anda lebih peka mengenai mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Sehingga Anda dapat menjaga diri dengan baik.

Baca juga : Taktik Mengembangkan Komunitas yang Perlu Diketahui Sebelum Membentuknya

2. Mencoba Mengikuti Workshop

waktu luang yang produktif 2

Siapa bilang yang mengikuti workshop hanya orang-orang tua saja, bahkan anak muda juga harus memiliki pengalaman untuk mengikuti beberapa workshop yang bermanfaat untuk masa depan. Seperti, adanya pelatihan mengenai kemasan atau desain, Anda dapat mencoba untuk mendaftarkan diri mengikuti seminar tersebut. Dengan begitu waktu luang yang produktif akan lebih menghasilkan, daripada waktu luang yang cenderung tidak menghasilkan.

3. Mengunjungi Pameran Seni

tips-sukses-perbanyak-teman

Bagi seseorang yang bukan pecinta seni, sering sekali tidak tergiur untuk pergi ke beberapa pameran seni. Padahal jika Anda mengunjungi beberapa pameran seni, banyak hal yang dapat Anda temukan. Seperti misalnya karya seni yang belum pernah ada sampai berkenalan langsung dengan pelukisnya, namun itu jika Anda beruntung. Sebab biasanya pelukis yang lukisannya dipamerkan lebih jarang menunjukan dirinya kepada khalayak ramai.

4. Membuat Video Blog

bisnis-online-04-menjadi-youtuber

Nah, bagi Anda yang memiliki hobi untuk berbicara di depan kamera, dengan memberikan beberapa tutorial sampai sesuatu hal yang harus Anda bagikan. Cobalah untuk membuat vlog (Video Blog) yang menarik penonton. Anda dapat membuat video dengan memanfaatkan waktu luang yang produktif, seperti membuat sesuatu atau hasil karya yang ingin disampaikan agar penonton dapat mencobanya. Selain itu, dalam vlog Anda dapat memberikan informasi yang ada di sekitar Anda. Seperti saat mengunjungi suatu tempat, Anda dapat memberitahukan kepada penonton mengenai suasana sampai hal-hal kecil lainnya. Jika vlog Anda banyak disukai orang, maka akan dengan mudah mendapatkan gaji setiap bulannya.

Baca juga : Tips Sehat Selama Berpuasa dengan Melakukan Hal Mudah Ini

5. Menggali Potensi Diri

hobi-menjadi-bisnis

Cobalah untuk menyalurkan bakat Anda yang selama ini terpendam. Jika Anda memiliki hobi bernyanyi maka cobalah untuk berlatih di setiap waktu luang. Dengan begitu waktu luang yang produktif menjadi lebih nyata. Mungkin jika memiliki hobi memasak, Anda dapat juga menggunakan waktu luang untuk memasak dan berbagi dengan keluarga.

Itulah cara memanfaatkan waktu luang yang produktif untuk melatih diri Anda agar tidak selalu merasakan malas yang berlebih. Apalagi, jika Anda adalah anak muda yang masih menggebu-gebu mewujudkan potensi, cobalah untuk memanfaatkan waktu luang.