Ingin Hubungan Awet Dengan Pelanggan? Lakukan 6 Cara Ampuh Berikut!

Hubungan pelanggan adalah yang terpenting, itulah kenyataannya. Anda harus menyadari bahwa realitas baru dari ekonomi pelanggan telah berubah. Sekarang bukan lagi mengenai transaksi atau uang saja, namun lebih mengenai membangun dan menjaga kesetiaan pelanggan. Anda bisa berkata bahwa para pelanggan setia dengan Anda, tak pernah muncul masalah. Tapi apakah Anda bisa dengan yakin berkata bahwa mereka setia karena mereka sangat menikmati interaksi dengan Anda dan begitu mencintai produk Anda, bukan karena mereka ingin diskon dan barang gratis dari Anda? Membangun kesetiaan pelanggan sudah menjadi semakin penting dibandingkan hal lainnya saat ini. Jika Anda tak ingin kehilangan pelanggan, Anda harus membina hubungan yang bertahan lama dengan mereka. Bagaimana? Ikuti enam cara ampuh berikut ini:

  • Berkomunikasi secara terbuka

open communication

Komunikasi memainkan peranan penting dalam kehidupan kita. Sangatlah tidak mungkin untuk hidup tanpa berkomunikasi dengan orang lain. Berkomunikasilah secara terbuka dan efektif dengan pelanggan. Saat mereka menghubungi Anda, balaslah segera dan dengan sopan. Perlakukan pelanggan seperti mereka adalah keluarga. Membina hubungan pribadi sesungguhnya bagus untuk bisnis. Makan keluar dengan pelanggan di sebuah restoran merupakan sebuah ide yang bagus. Saat kamu mengenal para pelanggan baik secara profesional dan pribadi dan mereka menyukai Anda, kemungkinan untuk membuat ikatan yang bertahan lama akan menjadi lebih besar.

  • Hubungi pelanggan pada saat yang tepat

customer engagement

Pengalaman sama pentingnya dengan produk yang Anda jual. Hubungi pelanggan pada saat yang tepat, pastikan mereka mendapatkan segala bantuan yang mereka butuhkan tanpa mereka harus meminta terlebih dahulu. Bahkan saat pelanggan tidak sedang membeli produk Anda, tetap berhubunganlah dengan mereka. Hal tersebut menunjukkan Anda peduli dengan mereka, bukan hanya dengan uang mereka. Anda bisa tetap berhubungan dengan mereka melalui telepon, email atau media sosial.

  • Bersikap jujur dan jangan berpura-pura menjadi seseorang yang bukan diri Anda

honesty

Kejujuran merupakan salah satu elemen penting dalam semua hubungan manusia, dan hubungan bisnis pun bukanlah pengecualian. Anda harus jujur dengan pelanggan. Katakan yang sejujurnya mengenai keahlian Anda, kesanggupan Anda, berapa lama waktu yang diperlukan agar pekerjaannya selesai, dll. Jangan berbohong dan jangan pernah menjanjikan sesuatu yang terlalu muluk karena hanya akan ada kekecewaan nantinya dan pelanggan akan meninggalkan Anda.

  • Jangan outsourcing layanan pelanggan

customer service

Untuk menjadi berhasil dalam bisnis Anda harus membuat para pelanggan mencintai Anda. Bagaimana caranya agar membuat mereka mencintai Anda? Dengan menyediakan layanan unggul. Buatlah layanan pelanggan kompetensi utama dalam bisnis Anda. Jangan outsourcing layanan pelanggan. Latihlah mereka yang melayani pelanggan dengan baik sehingga mereka sanggup memecahkan masalah dan memuaskan keinginan mereka. Dorong mereka untuk bertindak seperti manusia, karena orang dapat membedakan antara melayani pelanggan secara tulus dan mereka yang melayani seperti mesin.

  • Mengakui kesalahan yang Anda buat

admit mistake

Hubungan manusia tradisional itu penting, bahkan dalam bisnis. Jika Anda membuat kesalahan, cukup mengakui bahwa Anda salah dan meminta maaf. Setiap orang melakukan kesalahan, pelanggan akan mengerti dan memaklumi. Yang mereka inginkan hanyalah agar Anda mengakui kesalahan Anda. Tidaklah sulit untuk melakukannya bukan? Anda harus melakukannya jika ingin memiliki hubungan yang bertahan lama dengan para pelanggan.

  • Tahu posisi Anda dalam kehidupan pelanggan

importance

Terakhir, jika ingin membina hubungan baik yang bertahan lama dengan para pelanggan, Anda harus tahu posisi Anda dalam kehidupan mereka dan tidak menganggap terlalu tinggi seberapa pentingnya Anda. Dengarkanlah para pelanggan dan pikirkan mereka. Ingatlah bahwa Anda bukanlah pusat dunia, Anda bukan ratu atau raja. Anda harus menyadari bahwa merupakan suatu keistimewaan Anda bisa berada dalam kehidupan mereka. Anda bukanlah hal terpenting bagi mereka.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Macam-macam Jenis Kertas Stiker yang Perlu Diketahui Sebelum Mencetak atau Membelinya

Kertas stiker - Stiker merupakan media yang paling sering...

For A More Eco-Friendly Home

Do you care about the environment? Do you want...

7 Aturan Utama Mendirikan Bisnis Kafe Sukses

Saat ini, kafe menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan...

Cetak Foto : Mengabadikan Momen dalam Karya Seni dan Kecantikan

Fotografi adalah salah satu keajaiban abad modern yang telah...