Apakah kamu pernah mengunjungi sebuah kota dan berpikir kota tersebut aneh atau unik? Kami telah menyusun daftar 15 kota terunik dari berbagai belahan dunia yang kamu tak akan percaya sungguh ada:

  1. Desa Kerdil – Tiongkok

dwarf village 2

Kamu bisa menemukan banyak hal unik di Tiongkok, salah satunya adalah Desa Kerdil. Hanya orang-orang kerdil yang bisa tinggal di sana. Lihatlah tempat-tempat untuk mereka tinggal di dalam gambar, mereka dibangun khusus untuk orang kerdil.

2. Chefchaouen – Maroko

chefchaouen

Terletak di timur laut Maroko, Chefchaouen adalah salah satu kota terindah di sana. Kotanya bukan hanya indah, namun juga unik. Kebanyakan dari gedung dan jalanan di kota tersebut dicat biru. Siapa yang mengecat? Para pengungsi Yahudi yang tinggal di sana pada sekitar tahun 1930.

3. Kota Thames – Tiongkok

thames town china

Sebuah kota Inggris di Tiongkok? Itulah alasan keunikannya! Kota Thames adalah kota Inggris tiruan yang terletak di Provinsi Songjiang di Republik Tiongkok. Kota ini serba Inggris, mulai dari arsitektur dan makanan hingga telepon umum warna merahnya yang bisa kamu temukan di London!

4. Roswell – Amerika Serikat

ROSWELL NEW MEXICO

Kamu dapat menemukan “Kota UFO” ini di negara bagian New Mexico, AS. Apa alasan di balik alien dan UFO di Roswell? Para penduduknya mengklaim bahwa pada sekitar tahun 1940an ada UFO yang mendarat di sana.

5. Coober Pedy – Australia

coober pedy

Orang-orang di kota ini tinggal di bawah tanah. Jauh lebih baik untuk tinggal di bawah tanah daripada di atas tanah karena di area tersebut sengatan mataharinya luar biasa.

6. Manshiyat Naser – Mesir
thames town

manshiyat naser

Dengan sampah di mana-mana di jalanan dan di dalam gedung, Manshiyat Naser terlihat seperti suatu tempat yang mengalami dampak besar dari sebuah bencana. Kota di Mesir ini terlihat sangat kumuh dan tidak sehat. Yang mengejutkan adalah orang-orang tinggal di sana dan bahkan mendapatkan penghasilan dari mendaur ulang sampah-sampahnya. Yang lebih mengejutkan lagi adalah mereka sukses melakukannya.

7. Slab City – Amerika Serikat

SLAB CITY

Para penduduk di Slab City mengklaim kota mereka sebagai tempat bebas terakhir di Amerika Serikat. Pada dasarnya kamu bisa melakukan apapun semaumu di Slab City. Kamu tidak akan dikenai biaya parkir. Tempatnya tidak dikontrol. Tidak ada toilet, got, air yang mengalir, listrik resmi, dsb. Tidak ada hukum juga.

8. Pulau Miyakejima – Jepang

miyakejima island

Setiap orang yang tinggal di Pulau Miyakejima harus memakai masker (saat diperlukan) untuk melindungi diri mereka. Merupakan suatu keharusan untuk membawa masker gasnya sepanjang waktu untuk berjaga-jaga. Pemerintah Jepang membayar penduduknya untuk tinggal di sana. Kota tersebut berlokasi di dasar gunung volkano aktif. Mereka bisa meninggal karena eksposur terhadap sulfur dalam kadar yang terlalu tinggi. Itulah mengapa merupakan suatu hal yang normal melihat penduduknya memakai masker.

9. Centralia – Amerika Serikat

CENTRALIA

Lihat saja gambarnya, cukup berbahaya! Terdapat lubang di mana-mana. Juga ada api panas yang aktif, bukan hanya tahunan, namun hingga banyak dasawarsa. Kembali ke sekitar tahun 1980, terjadi sebuah insiden mengenai seorang anak kecil laki-laki yang tergelincir ke lubang di halaman rumahnya. Setiap orang diminta untuk pindah dari kota tersebut karena insiden itu. Sekarang hanya ada beberapa keluarga tinggal di sana.

10. Elista – Rusia

elista russia

Kota Catur! Kebanyakan wisatawan mengenal Elista dengan nama populernya yaitu Kota Catur. Mengapa terdapat papan catur raksasa di alun-alun kota? Karena desainernya terobsesi dengan catur. Tema utama dari keseluruhan kota adalah catur.

11. Colma – Amerika Serikat

COLMA

Colma mungkin adalah satu-satunya kota di dunia yang jumlah penduduknya yang sudah meninggal lebih banyak dari yang hidup. Terletak di wilayah San Mateo, California, Colma adalah kota terkecil dengan populasi sekitar 1.800 orang berdasarkan sensus tahun 2010. Dengan adanya terlalu banyak kuburan, kota ini berhasil mendapatkan beberapa julukan di antaranya “Kota Sunyi” dan “Kota Jiwa-Jiwa”.

12. Pulau Battleship – Jepang

battleship island

Pulau ini tak berpenghuni. Pulau yang ditinggalkan dan terlupakan ini ada di sana sebagai pengingat akan sejarah gelap sebelum dan pada saat Perang Dunia II. Kamu bisa mengikuti tur menyeramkan di pulau tersebut jika kamu tertarik.

13. Setenil de las Bodegas – Spanyol

setenil de las bodegas

Apa yang membuat kota ini unik dan terkenal? Jika kamu lihat gambarnya, kamu dapat melihat sebuah batu besar di atas tempat-tempat tinggal. Para penduduk di Setenil de las Bodegas secara harafiah tinggal di bawah batu.

14. Rennes-le-Chateau – Perancis

rennes le chateau

Gambarnya terlihat sedikit mengerikan, bukan? Katanya Rennes-le-Chateau menyimpan banyak misteri, mulai dari ritual keagamaan dan pembunuhan tak terpecahkan hingga harta karun terpendam. Jika kamu membaca buku Da Vinci Code karangan Dan Brown, kamu tahu bahwa kota ini ada di dalam novelnya.

15. CITE – Amerika Serikat

CITE NEW MEXICO

Apakah ini SimCity? Sayangnya bukan. CITE adalah kependekan dari Center for Innovation, Testing and Evaluation (Pusat Inovasi, Uji Coba dan Evaluasi). Teknologi-teknologi baru, terutama energi natural yang dapat diperbaharui, diuji coba di sini. Pusat ini tidak memiliki penduduk tetap yang menempati rumah-rumah tersebut. Itulah mungkin penyebab kota ini terkadang disebut “kota hantu”.