Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Setiap negara memiliki budaya dan adat masing-masing, tak terkecuali peraturan makan. Berikut kami pilihkan delapan peraturan makan paling unik dari berbagai negara di dunia:

1. Bersendawa saat makan adalah suatu bentuk pujian di Mesir

excessive-burping-image

Apabila di beberapa negara barat bersendawa saat makan adalah tindakan yang kurang pantas, maka beda cerita dengan di Mesir. Jika kamu bersendawa saat makan, orang Mesir akan menganggapnya sebagai pujian, karena itu berarti kamu puas dengan rasa makanan yang dihidangkan.

2. Mengeluarkan suara keras saat menyeruput sup dan mi di Jepang tidak dipermasalahkan

noodle_slurping_1409646695_1409646709_540x540

Jika di negara lain, menyeruput makanan dengan suara keras mungkin terdengar kurang sopan, maka di Jepang hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Semakin keras suara yang kamu keluarkan saat menyeruput, berarti makanan tersebut semakin enak.

3. Jangan pernah memesan cappuccino setelah makan di Italia

cappuccino-2029-e80b7c6d318c7862df2c4c8623a11f991x

Orang Italia tidak memesan cappuccino sehabis makan karena menurut mereka, susu menghalangi pencernaan. Jika kamu ingin minum kopi setelah makan, maka lebih baik kamu memesan espresso saja atau jenis kopi lainnya yang tanpa susu. Jika bukan suatu masalah untukmu apabila kamu dicap sebagai turis, maka silakan memesan cappuccino. Namun, jika kamu tidak ingin mereka tahu jika kamu hanya turis di Italia, maka jangan pernah memesan cappuccino setelah makan.

4. Di Etiopia, berbagai jenis makanan disajikan dalam satu piring besar

ethiopia-food

Bagi orang Etiopia, terutama di dalam keluarga, segala macam makanan yang akan disajikan dihidangkan dalam satu piring besar. Menurut mereka, satu piring besar lebih efisien dibandingkan menggunakan banyak piring kecil.

Baca juga: Beda Negara, Beda Budaya: Ingatlah 16 Hal Ini Kecuali Kamu Mau Mendapat Masalah!

5. Wanita tidak boleh meminta sendok saat berada di Nigeria

spoon-02

Saat berada di Nigeria, tepatnya di daerah suku Kagoro, kaum hawa dilarang meminta sendok. Mengapa? Suku Kagoro memiliki keyakinan bahwa sendok akan berujung pada pemberontakan.

6. Gunakan hanya tangan kanan untuk makan jika berkunjung ke negara timur tengah

bc41877b74c593e804eda02cb6293fc4

Jika kamu pergi berwisata ke daerah timur tengah, maka kamu wajib makan menggunakan tangan kanan. Alasannya? Tangan kiri adalah tangan yang digunakan untuk membersihkan bagian tubuh. Lalu bagaimana jika kamu kidal? Mungkin kamu harus menahan lapar hingga kamu kembali ke tempat asalmu.

7. Dilarang membalikkan ikan di Tiongkok

fish_195sbe6-195sbj8

Membalikkan ikan di Tiongkok diyakini membawa nasib buruk. Menurut orang Tiongkok, ikan yang terbalik sama dengan perahu ikan yang terbalik. Jadi, jika kamu sedang berlibur di Tiongkok dan makan bersama penduduk lokal, ingatlah untuk tidak membalikkan ikan yang tersaji di meja. Lalu bagaimana jika kamu ingin makan sisi ikan yang satunya lagi? Singkirkan saja semua tulang yang ada, dan kamu bisa mulai makan sisi ikan lainnya.

8. Jangan memasukkan garpu ke dalam mulut di Thailand

1433260961788

Memasukkan garpu ke dalam mulut saat makan dianggap tidak sopan oleh penduduk Thailand. Jadi, yang sebaiknya kamu lakukan adalah tetap menggunakan sendok untuk memasukkan makanan ke dalam mulut. Garpu hanya berfungsi sebagai alat bantu sendok saja.

Artikel lain: Setiap Anak Pasti Ingin Membahagiakan Orang Tuanya, Tapi Bagaimana Caranya?