Pilih Brosur, Katalog Atau Selebaran?

cetak brosur dan flyer

 

Jika Anda memiliki sebuah bisnis atau usaha, tentu Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk memajukannya bukan? Segala cara akan Anda tempuh, dan salah satu langkah yang pasti Anda lakukan adalah mempromosikan bisnis Anda. Kini dalam berpromosi ada banyak hal yang dapat ditempuh oleh para pelaku bisnis. Mulai dari metode konvensional hingga metode non-konvensional yang sah-sah saja dilakukan saat ini. Semuanya bergantung pada pertimbangan yang diambil oleh pemilik usaha. Tentu sebagai orang yang hidup dalam era digital, Anda tidak boleh mengabaikan pentingnya memanfaatkan akses digital untuk berpromosi. Namun nyatanya masih sangat banyak pelaku usaha yang mempercayakan promosinya pada cara konvensional. Banyak dari para pelaku usaha tersebut mengandalkan media promosi dari kombinasi keduanya yaitu promosi melalui media cetak dan digital karena kedua jenis metode ini terbukti efektif meningkatkan penjualan produk.

Dari berbagai jenis promosi yang ada, promosi melalui media cetak seringkali dipilih oleh para pelaku bisnis. Brosur, katalog dan selebaran adalah tiga jenis promosi yang cukup sering digunakan di dunia bisnis karena memang ketiganya berpotensi mendongkrak popularitas produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan. Mendengar nama ketiganya, tampaknya brosur, katalog dan selebaran itu kurang lebih sama. Ketiganya dicetak di atas kertas dan akhirnya akan dibagikan kepada para konsumen atau calon konsumen. Opini tersebut memang tidak dapat disalahkan karena memang ketiganya memiliki kesamaan dalam hal tersebut.

Baca juga : Tersedia Pricelist untuk Cetak Brosur di Uprint.id

Namun nyatanya ketiga jenis promosi tersebut juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari pangsa pasar hingga biaya cetaknya. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memilih jenis promosi yang mana, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan dari ketiganya karena kesalahan dalam memilih media promosi dapat berakibat pada kelangsungan usaha Anda. Berikut ini adalah ulasan mengenai perbedaan antara brosur, katalog dan selebaran yang wajib Anda baca :

1. Brosur

desain brosur informatif - teknik cta

Brosur adalah salah satu media promosi yang sering dipilih oleh para pelaku usaha karena memang brosur termasuk dalam kategori media promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Efektif karena brosur tidak memerlukan biaya pembuatan yang terlalu besar namun memiliki potensi yang cukup tinggi untuk meyakinkan konsumen atau calon konsumen agar membeli produk yang ditawarkan.

Di dalam sebuah brosur biasanya calon konsumen akan diberikan info lebaih detail tentang produk yang ditawarkan. Mulai dari kelebihan produk, manfaat produk, hingga deskripsi fisik produk yang ditawarkan. Hal ini sejalan dengan fungsi dan sifat utama dari brosur itu sendiri yaitu sebagai media untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dijual.

Jadi ketika membuat brosur seringkali para pelaku bisnis mengedepankan desain dari brosur itu sendiri, agar calon konsumen tertarik untuk membaca brosur tersebut. Untuk membuat brosur, ada baiknya Anda membaca juga ulasan kami yang lain mengenai tips agar brosur Anda dibaca.

cetak brosur

2. Katalog

katalog promosi 01

Katalog ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang ingin mempromosikan produknya dalam jumlah banyak. Katalog dipilih untuk menampilkan produk-produk yang ditawarkan secara bersamaan sehingga konsumen dapat dengan mudah mendapatkan info tentang produk. Biasanya katalog dicetak dalam bentuk buku atau majalah.

Seringkali usaha-usaha di bidang furnitur, kosmetik, fashion, serta supermarket menggunakan katalog sebagai salah satu media promosi yang dipilih.

Dalam katalog produk biasanya konsumen dapat melihat produk yang dijual per kategori beserta detail?spesifikasi barang?sehingga konsumen merasa seperti sedang berbelanja di dunia nyata. Bahkan dalam katalog biasanya sudah dicantumkan harga serta diskon. Kemudahan-kemudahan ini memang memancing konsumen untuk melakukan pembelian secara terinci dan sisi positifnya konsumen dapat merencanakan jumlah anggaran yang akan dikeluarkan mengingat bahwa mereka bisa mengetahui harga produk melalui katalog.

Meskipun efektif namun biaya pembuatan katalog menghabiskan biaya yang cukup besar. Jadi untuk Anda yang masih merintis usaha sebaiknya mempertimbangkan kembali jika ingin membuat katalog sebagai media promosi.

Baca juga : 6 Cara Cerdas Membagikan Brosur Agar Penjualan Meningkat

3. Selebaran

katalog promosi 02

Selebaran ini adalah bentuk paling sederhana dari sebuah brosur. Inti perbedaan antara brosur dan selebaran terletak pada isi yang ada di dalamnya. Jika brosur menampilkan deskripsi produk hingga kelebihan produk, maka selebaran hanya menampilkan sesuatu yang bersifat sementara ataupun info secara garis besar. Biasanya selebaran hanya digunakan di waktu-waktu tertentu seperti saat sedang melakukan promosi cuci gudang, peringatan hari besar, program baru dari toko atau program-program kemitraan lainnya.

Intinya? Selebaran ini dibuat untuk menyampaikan promosi yang bersifat sementara dan harus segera disebarkan kepada konsumen. Karena sifatnya yang sementara dan membutuhkan waktu penyebaran yang cepat, maka selebaran biasanya dibuat menggunakan kertas yang lebih murah. Inilah kelebihan dari selebaran, Anda tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membuatnya. Namun memang media promosi yang satu ini tidak dapat Anda gunakan di setiap kesempatan.

Jadi, pilih yang mana? Brosur, katalog atau selebaran? Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan tujuan Anda, setelah itu barulah Anda bisa menentukan pilihan yang tepat.

cetak brosur

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

7 Cara Keren Merayakan Natal di Kantor

Cetak Kartu Ucapan Natal - Kelahiran Sang Juru Selamat...

Cara Ampuh Bahagia Dalam Waktu 60 Detik

Saat penat melanda, hal yang sangat dibutuhkan adalah kebahagiaan....

Kegiatan Mengisi Waktu Luang Bagi Kamu yang Single

Menjadi seorang yang single sering kali dianggap sebagai hal...

Cetak Foto 2R di Uprint: Kreativitas dalam Genggaman

Cetak Foto 2R di Uprint memang yang paling murah...