Biografi merupakan biodata seseorang yang fakta dan sebenarnya. Biasanya biografi ini terletak di halaman akhir sebuah buku, dan menceritakan mengenai sosok penulis tersebut. Jika Anda membeli sebuah buku novel atau cerita lainnya akan mudah menemukan contoh biografi dari para penulis tersebut. Ada yang menuliskan biografi seperti membuat list yang berisikan semua jati dirinya. Namun, ada juga yang menggunakan sebuah cerita menarik. Nah, biografi seperti ini cenderung lebih banyak digunakan daripada membentuk sebuah list.

Anda dapat melihat contoh biografi berikut ini. Akan dibagi menjadi 3 contoh biografi yang pertama biografi untuk diri sendiri, untuk orang tua, dan untuk ilmiah.

1. Contoh Biografi Diri Sendiri

contoh biografi 2

26 tahun silam seorang anak perempuan telah dilahirkan di Bandung. Wanita yang lahir dari rahim seorang ibu bernama Anggraini dengan didampingi oleh Bapak yang bernama Kenan. Kini wanita ini sudah menjadi seorang penulis terkenal di seluruh di Dunia. Karyanya yang mendunia menjadikan dirinya mampu berkeliling untuk mengembangkan mimpinya.

Saat ini Saya Neira yang telah memiliki dua orang anak dan tinggal di New Zealand, masih terus membuat tulisan yang Saya kembangkan di blog pribadi. Saya memiliki hobi menulis sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama. Sehingga saat memiliki tugas untuk merangkum sebuah tulisan, Saya selalu merasa senang. Untuk itu, bagi kalian yang senang atau memiliki sebuah hobi seperti Saya sebaiknya tingkatkanlah. Maka kamu akan mendapatkan apa yang diinginkan sejak lama.

Baca juga : 4 Tips Simpel Membuat Copywriting yang Sesuai dengan Desain

2. Contoh Biografi untuk Orang Tua (Ibu)

Ibu Anggraini Puspita lahir di Jogja pada 23 Oktober 1965. Beliau bekerja sebagai dosen di universitas negeri di Jogja. Selain itu, ia juga merupakan seorang penulis dan penggagas literasi untuk Indonesia di Jawa Tengah. Berbekal ilmu pengetahuan yang ia miliki dan beberapa buku bacaan yang ia koleksi menjadi alat bantu untuk bahan mengajarkan literasi tersebut. Wanita berusia 53 tahun ini memiliki tiga orang anak dari pernikahannya dengan seorang komikus bernama Ahmad Haidar Mukhlis.

Putra pertamanya bernama Rayhan Akbar Mukhlis yang sudah bekerja di perusahaan Asing dan merantau di Jakarta, putri kedua bernama Susan Hainun Mukhlis gadis remaja yang masih menyandang status mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri Semarang, sedangkan putra ketiga bernama Sultan Tritunggal Mukhlis anak laki-laki yang masih bersekolah di SMA negeri di Jogja. Kini beliau masih aktif di komunitas yang diselenggarakan oleh beberapa mahasiswa di Jogja. Di usianya yang sudah tidak lagi muda, mengharuskannya bekerja dengan lebih santai.

Baca juga : Bagaimana Cara Membuat Copywriting yang Menghasilkan Tingkat Konversi Tinggi?

3. Contoh Biografi Ilmiah

contoh biografi 1

Biografi ilmiah biasanya seperti biografi untuk tokoh-tokoh tertentu. Berikut ini contoh untuk biografi ilmiah.

Nama : Muhammad Yunus

Tanggal Lahir : Chittagong, 28 Juni 1940

Pendidikan : Ph.D bidang ekonomi di universitas Vanderhit , USA

Muhammad Yunus, merupakan orang yang berhasil memenangkan piala nobel karena visi dan misinya untuk memberantas kemiskinan terwujud. Ia mendapatkan penghargaan ini di tahun 2006 lalu. Ia orang pertama yang berhasil mematahkan masalah ekonomi dan kemanusiaan dengan programnya yang ia beri nama “Social Business”.

Itulah contoh biografi yang dapat Anda tiru sekaligus dimodifikasi untuk keperluan lainnya. Buatlah biografi dengan alur cerita, sehingga yang membaca tidak terlalu bosan. Sebab biasanya alur untuk biografi selalu monoton saja. Anda dapat mengubahnya menjadi sebuah jalan cerita yang menarik. Agar biografi menjadi lebih berkesan, saatnya Anda cetak biografi menjadi sebuah buku di Uprint.id.