visit-uprintid

Contoh Surat Lamaran Kerja : Terdapat di bagian bawah artikel ini

 

Surat lamaran kerja yang baik dan benar merupakan salah satu modal awal yang menentukan apakah kamu akan dipanggil untuk menuju ke tahapan lamaran kerja berikutnya, yakni wawancara. Bagaimana contoh surat lamaran kerja yang benar? Teruskan membaca ke bawah.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa agar kamu menjadi kandidat yang dipilih oleh staf HRD maka kamu harus lolos tahap seleksi awal terlebih dahulu. Bagaimana caranya agar staf HRD melirikmu lebih jauh? Tentunya kamu harus memikat mereka dengan CV dan surat lamaran kerja yang kamu kirimkan. Oleh karena itu, surat lamaran kerja yang baik, benar & menarik sangatlah penting.

contoh surat lamaran kerja - Pelamar

Berikut kami bocorkan rahasia membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar serta menarik:

Gunakan Desain Layout yang Menarik & Profesional

Pada umumnya, pelamar kerja hanya mengirimkan surat lamaran kerja dalam bentuk ketikan standar dengan bahan HVS. Tetapi, bagaimana jika Anda lakukan hal yang lebih dengan menambahkan unsur desain pada surat lamaran Anda? Pasti akan jauh lebih menarik sekaligus memberikan nilai tambah bagi Anda. Lalu, jika memungkinkan cetaklah dengan bahan kertas fancy yang sesuai & akan memberikan nilai tambah.

Berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja dengan desain yang menarik dan profesional:

contoh surat lamaran kerja

 

Perhatikan struktur surat lamaran kerja

contoh surat lamaran kerja - struktur

Setiap surat memiliki strukturnya masing-masing, demikian pula halnya dengan surat lamaran kerja. Jadi seperti apa struktur dari sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar? Unsur-unsur berikut pada umumnya selalu ada dalam contoh surat lamaran kerja:

  • Tempat serta tanggal penulisan surat lamaran
  • Nama perusahaan yang dituju
  • Salam pembuka
  • Informasi sekilas namun penting mengenai data diri
  • Latar belakang (pendidikan, pengalaman kerja dan keahlian)
  • Kontribusi apa saja yang bisa kamu berikan kepada perusahaan
  • Kalimat Penutup

Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan

Jika kamu mencari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, tentu kamu akan menyadari bahwa semua contoh surat lamaran kerja tersebut menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Penggunaan bahasa yang baik dan sopan tentunya merupakan salah satu syarat dari surat lamaran kerja yang baik dan benar. Gunakanlah bahasa yang baku atau formal serta perhatikan tata bahasa dan pengejaan. Jangan sampai terdapat kesalahan eja karena hal tersebut menandakan kamu kurang teliti.

Buatlah surat yang singkat dan padat namun jelas dan informatif

Selain pemakaian bahasa yang baik dan sopan, surat lamaran kerja juga harus dibuat tanpa bertele-tele. Buatlah surat lamaran kerja yang singkat dan padat namun menjelaskan maksud dan tujuan kamu melamar serta latar belakang pendidikan maupun pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jangan memasukkan informasi yang tidak perlu atau tidak berkaitan.

Amplop surat lamaran kerja

Setelah kamu membuat serta mencetak surat lamaran kerja yang baik, benar, dan menarik…langkah selanjutnya adalah mengirimkannya ke perusahaan yang Anda tuju. Lalu, amplop seperti apa yang Anda gunakan? Apakah amplop standar? Bagaimana agar amplop surat lamaran kerja tersebut juga dibuat lebih kreatif? Niscaya diantara tumpukan lamaran kerja, amplo milik Andalah yang akan pertama kali terlihat oleh rekruter.

Aksen kreatif pada amplop dapat berupa sticker, label, ataupun wax seal stamp. Berikut ini kami berikan inspirasi beberapa aksen kreatif yang dapat Anda buat sendiri di rumah :

contoh surat lamaran kerja - contoh amplop

Siapkan dan lengkapi apa saja yang menjadi persyaratan perusahaan tempat kamu melamar

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah persyaratan-persyaratan dari perusahaan tempat kamu melamar. Berikan informasi di dalam surat lamaran kerja bahwa semua dokumen yang menjadi persyaratan telah kamu penuhi dan kamu lampirkan bersama dengan surat lamaran.

Seperti yang telah disampaikan di atas, surat lamaran kerja yang baik dan benar memang menjadi modal awal untuk memikat HRD. Namun masih ada faktor-faktor lainnya yang menjadi penentu apakah kamu akan terpilih untuk diwawancara dan terus maju ke tahap-tahap berikutnya hingga berhasil bekerja di tempat yang kamu idamkan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah CV, kemauan/tekad, attitude, doa serta keberuntungan.

Artikel Terkait: Bagaimana Agar Menonjol dari yang Lain Dengan CV/Resume Anda?

Berikut kami sajikan contoh-contoh surat lamaran kerja yang di desain dengan baik