Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Buku menu adalah perlengkapan yang harus dimiliki ketika Anda membangun bisnis. Terutama bisnis dalam hal makanan, buku menu menjadi etalase yang memudahkan konsumen. Ada banyak informasi yang harus dicantumkan dalam buku menu, mulai dari harga hingga nama menu beserta foto. Pastikan foto dalam buku menu menggunakan gambar asli. Sehingga konsumen tidak merasa tertipu dengan tampilan di buku menu. Ada banyak fungsi, membuat buku menu saat Anda berbisnis makanan. Seperti memudahkan konsumen memilih menu dan mengetahui harga, hingga informasi tambahan berupa keterangan jenis komposisi dalam hidangan. Jika Anda sedang kebingungan mencari desain apa yang cocok untuk restoran, silakan intip beberapa desain buku menu yang dapat menjadi inspirasi.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula yang Perlu Dipelajari

desain-buku-menu-04
sumber gambar : google

Desain buku menu juga dapat menyesuaikan dengan bisnis yang sedang ingin didirikan. Misalnya Anda membangun bisnis restoran seafood, sebaiknya gunakan desain buku makanan yang mengandung unsur seafood. Mulai dari desain hingga pemilihan warna yang berhubungan dengan konsep restoran. Pemilihan desain juga akan berdampak pada minat konsumen itu sendiri.

sumber gambar : google
desain-buku-menu-06
sumber gambar : google

Tidak hanya desain saja, Anda juga harus memikirkan tata letak makanan dalam sebuah buku menu. Pastikan Anda meletakan menu favorit di halaman pertama. Sebab menu makanan yang ada di halaman depan buku menu merupakan hidangan favorit dan best seller di restoran tersebut. Namun sayangnya hal ini masih belum banyak diketahui oleh orang-orang. Sehingga masih banyak yang menganggap bahwa menu yang di halaman depan sama saja dengan halaman selanjutnya.

Baca juga : Desain Cake Tag untuk Bisnis Kue yang Perlu Diketahui

desain-buku-menu-03
sumber gambar : google
desain-buku-menu-05
sumber gambar : google

Perhatikan juga konsep yang akan diterapkan dalam sebuah buku menu. Pilihlah warna yang tepat untuk mewakili konsep restoran tersebut. Misalnya Anda ingin membangun bisnis steak, tidak salahnya memilih konsep monokrom pada buku menu tersebut. Seperti penggunaan warna hitam yang akan lebih terlihat elegan. Dalam pembuatan buku menu untuk restoran steak, warna hitam dapat menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa pilihlah desain gambar yang cocok dan dapat mewakili restoran tersebut.

Baca juga : 5 Kesalahan Berbisnis yang Perlu Diperhatikan Sebelum Semuanya Terlambat

desain-buku-menu-monokrom
sumber gambar : google

Selain desain dan cara meletakan menu, Anda juga harus memperhatikan informasi apa saja yang dituliskan dalam buku menu. Anda harus menuliskan keterangan dalam setiap menu, mulai dari komposisi dalam hidangan, harga per-menu, hingga pilihan menu varian yang disediakan. Jangan lupa untuk memberikan informasi tambahan yang memudahkan konsumen. Misalnya tambahan informasi sebuah menu yang dapat diambil secara paket atau tidak. Bahkan ada restoran yang memberikan informasi berupa minuman dapat diisi ulang atau tidak. Meski terlihat simpel, namun informasi itu sangat penting dituliskan, baik di buku menu atau tempatnya langsung.

Anda dapat mencetak buku menu secara online di Uprint.id. Siapkan desain yang akan dicetak, dan Anda dapat mencetaknya secara custom. Pastikan gambar yang akan digunakan adalah gambar asliatau sesuai dengan yang dihidangkan. Jangan lupa juga untuk memilih bentuk buku menu seperti apa yang akan dicetak. Jika sudah menentukan semua, saatnya Anda mencetaknya.