Kertas merupakan salah satu unsur penting dalam dunia percetakan, karena di atas kertas lah materi dicetak. Penting untuk mengetahui jenis-jenis kertas yang ada sebelum Anda mencetak agar hasil cetak dapat sesuai dengan keinginan. Lalu apa saja jenis-jenis kertas yang umum digunakan dalam industri percetakan?

Secara umum, jenis kertas dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu coated, semi-coated dan uncoated. Seperti pada penjelasan kali ini yang akan memberikan informasi mengenai jenis kertas yang harus diketahui.

  • Kertas coated

kertas coated - uprint.id

Kertas jenis ini dapat dilihat dari permukaannya yang mengkilat (glossy) karena kertasnya mengandung lapisan lilin. Kelebihan dari kertas coated adalah lebih tahan terhadap kelembaban, lebih sulit menyerap kotoran dan warna cetakan yang dihasilkan biasanya lebih tajam.

Contoh kertas yang termasuk sebagai kertas coated antara lain art paper, art carton serta beberapa jenis kertas fancy yang permukaannya terlihat mirip dengan art paper atau art carton.

Karena kemampuan menyerap tintanya yang tidak terlalu besar (tertahan oleh lapisan di permukaan kertas), maka tinta tidak terserap hingga ke dalam serat kertas sehingga proses pengeringan akan lebih cepat dan warna yang dihasilkan lebih tajam. Ini bagus untuk mencetak gambar-gambar tajam dan kompleks karena tintanya tetap berada di atas kertas.

Baca juga: Cetak Poster di Uprint.id, Ini 4 Alasannya!

  • Kertas semi-coated

kertas semi coated - uprint.id

Kertas jenis ini merupakan kertas yang secara kasat mata matte (tidak mengkilat) tetapi permukaan kertasnya masih mengandung lapisan lilin.

Hasil cetak di atas kertas semi-coated masih menghasilkan warna yang cukup tajam, hanya saja tidak setajam kertas coated. Proses pengeringan tintanya biasanya relative lebih lama dibandingkan dengan pada kertas coated.

Baca juga : Macam-Macam Ukuran Kertas yang Umum Digunakan di Indonesia

  • Kertas uncoated

kertas uncoated - uprint.id

Jenis kertas coated memiliki kecenderungan untuk lebih menyerap tinta. Mengapa? Tentu saja karena kertas ini tidak memiliki lapisan lilin. Permukaan kertasnya pun juga tidak selicin kertas coated, dan bila kita lihat secara teliti atau merasakannya dengan sungguh-sungguh, kertas uncoated lebih berpori atau tidak terlihat serat kertasnya.

Warna pada hasil cetakan di atas kertas uncoated cenderung lebih pucat atau lebih lembut karena tinta cetak terserap hingga ke dalam serat-serat kertas sehingga hasilnay terlihat lebih elegan.

Yang termasuk di dalam kategori kertas uncoated adalah sebagian besar kertas fancy. Proses pengeringan pada kertas uncoated adalah yang paling lama, dan reaksi kmia antara jenis kertas uncoated yang satu dengan yang lain tidak dapat disamakan karena tiap kertas memiliki karakteristik uniknya masing-masing.

Produk Uprint.id : Untuk melihat produk-produk percetakan klik Uprint.id – Percetakan Online Indonesia

Artikel terkait: Pentingnya Mengetahui Spesifikasi Cetak Sebelum ke Percetakan