Paper Bag – Paper bag atau dalam bahasa Indonesia disebut tas kertas kini menjadi media kemasan untuk suatu produk, atau juga digunakan sebagai wadah souvenir dalam acara keluarga, perusahaan, dan juga acara resmi dari pernikahan. Tas kertas, diklaim sebagai media packaging yang ramah lingkungan, karena sifat dari bahan yang digunakan mudah untuk didaur ulang. Namun bukan berarti 100% benar-benar ramah lingkungan, sebab ada beberapa jenis produk, paper bag yang memiliki lapisan plastik untuk menambah kesan mewah dan premium.

Melihat kemasan sebuah produk menggunakan paper bag, pasti ada pertanyaan mengenai jenis kertas apa yang digunakan. Seperti misalnya membeli barang merek ternama pasti menggunakan paper bag yang berkualitas. Terutama dari segi bahan yang digunakannya. Berikut ini jenis-jenis kertas yang digunakan untuk membuat paper bag.

1. Kertas Art Paper

jenis-kertas-paper-bag-01-art-paper

Kertas untuk jenis art paper memiliki permukaan yang licin bagian luar dan dalam. Selain itu memiliki permukaan kertas yang halus meskipun terbilang lebih tipis daripada kertas art carton. Gramatur kertas art paper berkisar antara 100 gsm hingga 150 gsm, dan banyak digunakan untuk bahan kalender dinding dan juga brosur.

Baca juga : Cetak Paper Bag Sesuai Desain dengan Cepat dan Mudah di Uprint.id

2. Kertas Kraft

jenis-kertas-paper-bag-06-kertas-kraft

Kertas kraft paling sering digunakan untuk material paper bag, karena sifatnya yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang, menjadikan kertas ini primadona di kalangan pengusaha kemasan, khususnya paper bag. Tekstur yang sedikit kasar serta warna coklat kayu menambah kesan klasik pada kertas ini. Ada pula Kertas kraft yang berwarna putih, namun hanya memiliki gramatur 150 gram saja. kertas kraft putih mempunyai 2 sisi yang berbeda, satu sisi berwarna putih, sisi lain berwarna coklat.

3. Kertas Ivory

jenis-kertas-paper-bag-07-kertas-ivory

Jenis kertas ivory ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan kertas art karton, yang membedakannya adalah permukaan yang licin hanya ada pada satu sisi saja. Sedangkan sisi lainnya tanpa coating. Jika dilihat dari segi warna, kertas ivory memiliki warna dasar putih, namun tidak seterang warna dasar kertas art carton. Jenis seperti ini juga sering digunakan untuk membuat tas kertas.

Baca juga : Inilah Desain Paper Bag yang Perlu Diketahui Sebelum Membuatnya

4. Kertas Art Carton

jenis-kertas-paper-bag-08-art-carton

Jenis kertas ini bagus digunakan untuk membuat paper bag. Jenis kertas yang memiliki permukaan halus, berwarna putih cerah, serta tekstur yang licin di kedua permukaannya. Warna dasar dari jenis kertas ini adalah putih cerah dan memiliki gramatur yang tebal. Ketebalan yang dimiliki kertas art carton ini mulai dari 190 gsm hingga 310 gsm.

Itulah beberapa jenis kertas yang sering digunakan dalam pembuatan paper bag. Jika Anda ingin membuat tas kertas untuk keperluan usaha, dan sesuai desain cobalah mencetaknya secara online di Uprint.id. Selain untuk bisnis, Anda dapat juga menjadikan paper bag sebagai kemasan souvenir. Tidak hanya itu, bahkan penggunaan tas kertas dapat menjadi ajang promosi berjalan. Ketika Anda mencetak kemasan tas kertas ini dengan mencantumkan label bisnis, maka secara tidak langsung sudah mempromosikan bisnis ke masyarakat.

Selain untuk media promosi, tas kertas ini juga cocok digunakan kembali seperti dijadikan wadah menyimpan buku, membawa barang ke kantor, atau bahkan menjadi tempat penyimpanan barang lainnya agar lebih rapi dan praktis. Inilah kegunaan lain dari tas kertas yang Anda dapatkan. Tidak hanya itu penggunaan tas kertas dapat mengurangi limbah plastik yan sudah semakin menumpuk dan sulit dihancurkan.