Bagi setiap orang yang ingin membuat undangan pernikahan seringkali menyerahkan semua kepada pihak percetakan. Padahal Anda dapat meminta jenis kertas undangan apa yang akan digunakan jika mengetahui jenis-jenisnya. Seperti jenis kertas undangan berikut ini yang dapat digunakan.

1. Kertas Jasmine

kertas jasmine 03

Jenis kertas undangan yang satu ini memiliki tekstur yang memiliki gliter. Biasanya jenis kertas ini yang digunakan setiap percetakan saat membuat undangan pernikahan. Jenis kertas yang satu ini tidak dapat melalu proses pencetakan. Jenis kertas jasmine hanya bisa menggunakan teknik emboss atau deboss. Nah karena jenis kertas yang satu ini cenderung sulit menyerap tinta, maka tidak direkomendasikan untuk melalui proses pencetakan dengan tinta, karena akan membutuhkan waktu lama dalam proses pengeringan.

Baca juga : 5 Tips Memilih Kartu Undangan Pernikahan

2. Kertas Art Paper

kertas undangan 01

Jenis kertas undangan seperti ini memiliki permukaan yang halus dan memiliki efek glossy. Selain dapat dibuat menjadi undangan, jenis kertas yang satu ini biasa digunakan untuk pembuatan kalender gantung. Namun berbeda dalam pembuatan undangan, jenis kertas ini dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover dari undangan, tapi dapat juga digunakan untuk isi undangan tersebut. Hasil undnagan dengan jenis kertas ini akan lebih terlihat mewah jika dilaminasi dengan doff, glossy, atau UV.

3. Kertas Art Carton

kertas jasmine 01

Jenis kertas yang satu ini, sama dengan art paper hanya saja yang membedakan adalah gramaturnya. Jenis kertas undangan art carton cenderung lebih tebal ketimbang art paper. Biasanya penggunaan art carton ini cenderung untuk product tag dan sejenisnya. Namun tidak jarang beberapa orang memilih art carton ini untuk dijadikan sebagai kertas pembuatan undangan.

4. Kertas Ivory

kertas jasmine 02

Merupakan jenis kertas undangan yang memadukan antara art paper, art carton, dan matt paper. Jenis kertas yang satu ini sangat bagus jika dipadukan dengan desain yang unik. Untuk itu, sangat cocok untuk dijadikan undangan pernikahan, dan tentunya dengan menampilkan desain yang unik.

Baca juga : Tips Efektif untuk Memangkas Jumlah Tamu Undangan Pernikahan

5. Kertas Matt Paper

contoh_undangan_pernikahan_06

Jenis kertas undangan yang satu ini, jika dilihat secara sekilas akan memiliki persamaan dengan art paper, namun jika dilihat lebih jelas jenis kertas yang satu ini memiliki perbedaan. Matt paper tidak memiliki warna yang glossy, dan lebih cepat menyerap tinta. Untuk itu jenis kertas yang satu ini lebih sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan.

Itulah jenis-jenis kertas undangan yang harus Anda ketahui sebelum pergi ke percetakan dna membuat undangan. Nah, jika Anda mencari percetakan tapi tidak memiliki banyak waktu untuk meninggalkan kantor atau rumah, Anda dapat melakukan cetak online di Uprint.id. Anda, dapat menentukan desain undangan seperti apa yang ingin digunakan. Selain itu, Anda dapat juga memesan jenis kertas yang ingin digunakan beserta ukuran yang diperlukan.

Caranya sangat mudah, Anda hanya mengunjungi website Uprint.id dan pilihlah menu celebrations. Dengan begitu Anda sudah dapat memilih apa saja yang ingin dicetak. Jika Anda masih bingung segala sesuatunya atau masih ragu, silakan menghubungi tim CS Uprint.id agar dijelaskan dengan detail apa yang Anda inginkan.