Stiker vinyl dan chromo memiliki perbedaan yang signifikan. Beberapa orang memilih mencetak stiker vinyl karena memiliki beberapa keunggulan dari semua jenis stiker yang ada. Biasanya stiker digunakan untuk label kemasan, atau bahan untuk jenis label pengiriman. Sebelum menentukan jenis stiker apa yang akan dipilih ada baiknya Anda mengetahui jenis bahan stiker dan manfaatnya seperti berikut.

1.      Stiker Chromo

Yaitu jenis stiker dengan bahan dasar kertas dan harga lebih ekonomis. Jenis stiker yang satu ini cocok digunakan untuk kemasan makanan kering dan tidak disarankan untuk makanan yang disimpan dalam kulkas. Keuntungan menggunakan stiker chromo ini adalah harganya yang murah dan lebih masuk untuk pengusaha UMKM. Jenis stiker ini juga memiliki kelebihan yaitu stiker dapat dicetak full colour karena stiker di desain menggunakan komputer dan dicetak sesuai warna pilihan Anda.

Selain harganya yang murah, jenis stiker ini memiliki kelemahan, jika sudah menempel pada kemasan dalam waktu lama, maka stiker akan lebih sulit terkelupas. Kemudian karena bahannya yang terbuat dari kertas, maka sangat rentan rusak saat terkena air. Stiker cromo ini juga sangat mudah rusak dan tidak tahan gores. Sangat disarankan untuk penggunaan kemasan makanan kering saja, dan tidak disarankan untuk kemasan makanan atau minuman basah.

Baca juga : Macam-macam Jenis Stiker yang Tepat untuk Bisnis

2.      Stiker Vinyl

Jenis stiker yang satu ini terbuat dari bahan plastik. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan plastik merupakan salah satu jenis bahan yang kuat dan tidak mudah rusak. Stiker ini sangat cocok digunakan pada kemasan makanan atau minuman basah. Karena jenis bahannya tidak mudah rusak. Bahkan bahannya tahan gores, dan tahan minyak juga. Oleh sebab itu ada beberapa pengusaha mikro kecil dan menengah yang menjual produk basah lebih memilih menggunakan jenis stiker vinyl.

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki stiker jenis itni, salah satunya adalah harganya yang tergolong mahal dari pada jenis stiker chromo. Karena bahannya yang lebih unggul sehingga tidak heran jika harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal. Sama seperti stiker pada umumnya, jenis stiker vinyl ini juga dapat dicetak dengan metode full colour. Biasanya terdiri dari warna dasar seperti putih atau hitam. Ada juga jenis stiker vinyl transparan atau bening.

Baca juga : Fungsi dari Stiker Fragile yang Sering Dilihat

Untuk jenis stiker vinyl yang transparant sering kali dilihat untuk jenis kemasan stiker pada botol minuman. Sedangkan untuk kemasan makanan menggunakan jenis yang full colour. Stiker vinyl ini memiliki permukaan yang halus dan mengkilap. Sangat cocok digunakan pada bagian luar kemasan tanpa harus takut rusak. Agar stiker tahan lama Anda dapat menambahkan laminasi matte atau glossy di atasnya. Sehingga lebih terlihat berbeda dari stiker chromo.

Itu beberapa jenis perbedaan dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing stiker vinyl dan chromo. Anda dapat mencetak stiker sesuai dengan yang diinginkan. Tentunya juga harus sesuai dengan budget yang dimiliki. Anda dapat mencetaknya di Uprint.id, mulai dari label kemasan hingga label pengiriman dan stiker fragile. Semua lengkap tersedia, Anda hanya perlu menggunjungi website Uprint.id atau melalui aplikasi tokopedia. Pilih jenis stiker dan bahan yang ingin digunakan, dan jangan lupa untuk mempersiapkan desainnya. Mempersiapkan segala sesuatu di awal akan lebih mempersingkat waktu dan mempercepat proses pembuatannya. Tentukan ukuran yang akan digunakan. Pastikan Anda telah mengukurnya di kemasan. Sehingga stiker yang digunakan menggunakan ukuran tepat.