Lokasi liburan eksotis selalu menjadi incaran para traveller. Terutama mereka yang suka dengan keindahaan alam. Tidak hanya itu saja, yang membuat para petualang selalu ingin bepergian adalah suasana di sebuah lokasi tersebut. Untuk itu, jika Anda bepergian ke suatu tempat jangan lupa mencari lokasi liburan eksotis di daerah yang dikunjungi. Seperti berikut ini beberapa lokasi liburan eksotis yang perlu masuk dalam bucket list liburan Anda.

1. Bukit Teletubbies

lokasi-liburan-eksotis-01

Sebenarnya Bukit Teletubbies adalah area perbukitan padang rumput ­hijau di sekitar Danau Sentani yang sangat luas. Anda dapat melihatnya dari atas pesawat atau tempat-tempat tinggi lain di Jayapura. Tapi jika ingin menjejakkan kaki di atasnya, datang saja ke Doyo Lama.

Baca juga : Weekend Telah Tiba, Sambut Kebahagiaan dengan Traveling ke Tempat Seru Ini

2. Gunung Nona

lokasi-liburan-eksotis-02

Gunung Nona terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Penampakan gunung itu bisa dilihat di tengah perjalanan dari Makassar ke Tana Toraja, tepatnya di Jalan Poros Enrekang-Toraja, Enrekang, Sulawesi Selatan. Dari Makassar, wilayah ini bisa ditempuh sekitar 6 jam melalui jalur darat. Jalur pegunungan yang berliku, naik dan turun tentu membuat tenaga terkuras. Tidak ada salahnya beristirahat sejenak sambil melihat pemandangan Gunung Nona.

3. Pulau Kei

Lokasi liburan eksotis lainnya adalah pulau Kei yang terletak di Maluku Sulawesi Selatan. Jika Anda berkunjung ke daerah Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk datang dan menikmati keindahan pulau Kei. Harus tetap diingat untuk selalu menjaga kelestarian serta kebersihan lingkungan. Hal ini bertujuan agar tempat wisata tetap selalu menyajikan pemandangan yang indah dan mengagumkan.

4. Pulau Misool

lokasi-liburan-eksotis-04

Pulau yang terletak di Papua ini, selalu menjadi destinasi favorit para petualang. Selain pemandangannya yang mengagumkan, kondisi air yang jernih, pulau ini memiliki pemandangan yang eksotis terutama saat malam hari.

5. Danau Toba

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Keindahan Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya memang berhasil menarik perhatian wisatawan, tidak hanya lokal, tapi juga internasional. Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akibat dari aktivitas gunung berapi. Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dan disebut-sebut sebagai danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya wisata danaunya yang menarik, di sini pengunjung juga bisa menjelajah kawasan hutan pinus di sekitar danau, menikmati pemandian air hangat, dan bermain-main di sekitar air terjun.

Baca juga : Trik Mencari Kuliner Halal Saat Melakukan Traveling Ke Thailand

6. Taman Nasional Way Kambas

lokasi-liburan-eksotis-06

Lampung merupakan salah satu tujuan wisata yang pas bagi Anda jika ingin melihat penangkaran mamalia bertubuh besar yang satu ini. Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Tempat wisata yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain menjadi tempat konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai tempat penangkaran badak dari kepunahan.

7. Pulau Peucang

lokasi-liburan-eksotis-07

Di ujung paling barat Pulau Jawa sendiri terdapat sebuah tempat wisata menarik yang tak boleh dilewatkan, yakni Pulau Peucang. Pulau ini terletak persis di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon dan memiliki pemandangan yang begitu memesona. Di pulau yang sudah disahkan menjadi situs warisan budaya UNESCO ini Anda bisa dengan mudah menjumpai aneka flora dan fauna khas Banten, seperti rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung, dan sebagainya. Untuk bisa menikmati pasir putih dan birunya laut Pulau Peucang, Anda perlu melalui dermaga penyeberangan yang terdapat di Kecamatan Sumur (sekitar 9 jam dari Tangerang). Namun percayalah, rasa lelah akan terbayar begitu Anda menginjakkan kaki di surga tersembunyi yang dimiliki Banten ini.

8. Kawah Ijen

Eksotisme Jawa Timur tidak berhenti di Gunung Bromo dan sekitarnya. Di Banyuwangi ada satu lokasi liburan eksotik menarik yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan danau belerang terbesar di Pulau Jawa. tempat wisata ini menarik sebab, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh. Untuk bisa mencapai puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Meski melelahkan, seluruh penat yang terasa akan hilang seketika begitu sampai di tempat wisata yang mempesona ini.

9. Pulau Derawan

lokasi-liburan-eksotis-09

Di Provinsi Kalimantan Timur ada satu lokasi liburan eksotis yang keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Pulau Derawan ini sendiri menawarkan pesona laut biru dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa mempesona. Begitu cantiknya, objek wisata ini sampai berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai tempat menyelam bertaraf internasional. Di sini, Anda dapat dengan bebas bermain bersama penyu sambil berjemur di pantai pasir putih yang menawan. Selain menyediakan peralatan menyelam, di sini juga terdapat cottage dan restoran untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Untuk menuju ke sini aksesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star, kemudian dilanjut dengan menyewa motor boat menuju Pulau Derawan.

Baca juga : Tips Unggah Foto Travelling di Instagram Agar Feed Semakin Keren

10. Halmahera

lokasi-liburan-eksotis-10

Lokasi liburan eksotis lainnya yaitu ada satu spot cantik untuk melihat keindahan biota laut dan terumbu karang di Indonesia, yakni di Kepulauan Halmahera. Keindahan alamnya yang masih terus terjaga hingga sekarang membuat Halmahera disebut sebagai lokasi penyelaman paling bagus yang pernah ada. Dari sekitar 450 spesies terumbu karang yang ada, 56%-nya terdapat di Halmahera. Tidak heran jika tempat wisata yang satu ini selalu menjadi list travelling bagi siapa saja yang hobi menghabiskan waktu menyusuri keindahan alam bawah laut.

Salah satu pulau cantik yang ada di Halmahera adalah Pulau Bobale. Pulau kecil ini dikelilingi hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Meskipun ukurannya kecil, pulau yang sudah resmi dikelola oleh Dinas Pariwisata Halmahera ini masih menjadi lokasi favorit bagi banyak wisatawan untuk menyelam, snorkeling, atau sekadar menghabiskan waktu bermain pasir di bibir pantai. Khusus buat Anda yang ingin merasakan sensasi menyelam di Halmahera, datanglah pada bulan Oktober sampai Mei. Sedangkan para peselancar disarankan datang kemari pada bulan November dan Desember, ketika gelombang laut sedang berada pada titik tertingginya.

Itulah beberapa lokasi liburan eksotis yang perlu dikunjungi dan menjadi bucket list liburan Anda. Pastikan saat Anda berkunjung ke sana untuk tetap menjaga kelestarian dan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, persiapkan semuanya dari jauh-jauh hari agar liburan terencana dan sesuai jadwal.