Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Es krim, siapa yang tidak menyukainya? Semua orang pasti suka dengan jenis makanan yang satu ini. Rasanya yang manis dan dingin selalu menjadi sensai berbeda. Bahkan saat ini sudah banyak ragam varian es krim yang perlu Anda coba. Namun sebelum mencobanya, yang harus Anda ketahui adalah manfaat es krim untuk tubuh. Seperti berikut ini, manfaat yang perlu diketahui sebelum menolaknya.

1. Memiliki Cukup Vitamin

manfaat-es-krim

Bukan hanya enak, setiap porsi es krim faktanya mengandung banyak vitamin. Antara lain adalah vitamin A, D, K dan B12. Semua vitamin tersebut memiliki peranan yang amat baik bagi tubuh manusia. Seperti vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D yang dapat menyerap kalsium dan nutrisi yang disalurkan ke ginjal dan vitamin K untuk meningkatkan aliran darah. Dibalik enaknya es krim mengandung banyak vitamin yang diperlukan untuk tubuh.

Baca juga : 8 Jenis Es Serut dari Berbagai belahan Dunia

2. Kaya Kalsium

manfaat-es-krim-03

Untuk manfaat es krim yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Pasalnya bahan dasar yang digunakan dalam membuat es krim adalah susu. Sedangkan susu mengandung banyak kalsium yang baik untuk tulang. Tidak hanya itu saja, kalsium juga dapat menguatkan gigi serta gusi. Sehingga bukan hanya untuk tulang saja.

3. Penambah Energi

manfaat-es-krim-02

Es krim memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Dari mulai karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiganya tentulah penting sebagai sumber energi guna menunjang aktivitas setiap orang yang mengkonsumsinya. Jika Anda merasa lemas, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi es krim sebagai penambah energi pada tubuh. Manis yang dikandung es krim juga dapat menambah energi secara langsung.

4. Sebagai Mood Booster

manfaat-es-krim-04

Es krim ternyata dapat berperan sebagai mood booster karena mengandung Thrombonin. Kandungan thrombonin merupakan hormon kebahagiaan dan membantu dalam mengurangi tingkat stres dalam tubuh. Selain itu, es krim terbuat dari susu yang mengandung L-triptopane yang merupakan obat penenang alami dan membantu dalam merelaksasi sistem saraf. Bahkan dengan mengkonsumsi ice cream, Anda akan terhindar dari gejala insomnia. Jika Anda merasa mood berantakan, tidak ada salahnya mengkonsumsi es krim untuk mengembalikan mood seperti semula.

5. Lebih Mengenyangkan

manfaat-es-krim-07

Makan es krim membuat gemuk? Pada kenyataannya, es krim memiliki indeks glikemik rendah. Menurut National Dairy Council,  berarti gula dalam es krim tersebut secara perlahan dilepaskan ke dalam darah. Efeknya bagi yang mengkonsumsi, otomatis mengenyangkan lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak berkeinginan untuk ngemil lagi setelah makan es krim. Cocok untuk Anda yang sedang menjaga berat badan.

6. Menambah Berat Badan Janin

manfaat-es-krim-05

Bagi yang sedang hamil, beberapa dokter menyarankan untuk mengkonsumsi es krim jika si janin mengalami kekurangan berat badan. Tentu saja ini sesuai dengan aturan dokter atau bidan agar tidak terjadi kelebihan berat badan bagi si janin.

Baca juga : Bisnis Makanan Fusion Unik yang Menguntungkan dan Laris Manis

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat-es-krim-06

Walau sering dianggap sebagai penyebab flu, sebenarnya es krim dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap penyakit. Es krim berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena di dalam es krim terdapat kandungan laktoferin yang bermanfaat untuk menangkal berbagai serangan virus, seperti influenza, cytomegalovirus, atau HIV. siapa sangka ternyata ini adalah manfaat es krim yang perlu diketahui sebelum Anda menolak karena badan kurang sehat.

Itulah manfaat es krim yang belum pernah diketahui oleh siapa pun. Manfaat yang diketahui hanyalah mengandung kalsium, dan berbahan dasar susu. Namun ternyata, masih banyak manfaat lainnya. Selain itu, es krim dan gelato itu berbeda. Nah, Gelato memiliki arti es krim dalam Bahasa Italia. Namun dalam konteks kuliner, gelato berkembang menjadi jenis es krim yang dibuat sesuai tradisi orang Italia. Teksturnya sedikit lebih halus dan lengket dibandingkan es krim yang sering ditemui. Bahan dasar yang digunakan sama dengan es krim. Namun pembuatan gelato perlu menambahkan soft mix dan soft ice. Ini adalah bahan konsentrat dan pelembut yang aman dikonsumsi. Berbeda dengan es krim, gelato butuh suhu lebih dingin yakni -20 sampai -25 derajat celcius.