Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id
 

Apakah kamu sedang memulai bisnis coffee shop saat ini? Jika iya, pasti kamu sedang merasa begitu khawatir menjalani persaingan yang sangat sengit. Seperti yang kita tahu saat ini bisnis coffee shop sangat menjamur. Hampir di setiap ujung jalan raya kita akan selalu bisa menemukan coffee shop yang menawarkan kelebihannya masing-masing. Nah, bagaimana cara mempromosikan coffee shop baru milikmu agar calon pelanggan melirik dan bisa datang kembali setelahnya? Intip 6 ide brilian ini yuk!

1. Jangan menghemat untuk kenyamanan pelanggan

mempromosikan coffee shop baru kenyamanan

Kopi enak itu penting. Tetapi jika kamu menginginkan pelanggan setia, menciptakan lingkungan yang sederhana dan nyaman itu jelas lebih penting.

Pertama, siapkan Wi-Fi yang cepat dan stabil. Suka atau tidak, sebagian besar pelanggan lebih tertarik pada internet daripada minuman. Jadi pastikan setiap sudut ruangan di coffee shop memiliki sinyal yang baik.

Kedua, sediakan banyak soket listrik. Hampir sebagian besar orang datang ke coffee shop untuk beristirahat dan mengisi daya untuk kembali bertarung dalam sengitnya kehidupan. Mengisi daya di sini tidak hanya sekedar kiasan, namun juga dalam arti sebenarnya. Maksudnya banyak pelanggan yang datang untuk numpang mengisi daya baterai gadgetnya, maka semakin banyak soket listrik yang disiapkan, semakin senang pelanggan tinggal lebih lama.

Terakhir, sediakan banyak buku atau majalah untuk dibaca. Diakui atau tidak buku dan majalah masih menjadi hal yang paling menarik untuk membunuh kebosanan ketika menunggu pesanan, apalagi pelanggan datang sendiri ke coffee shop. Maka ramahlah kepada mereka dengan menyediakan banyak bahan bacaan.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan, Ternyata Salah Satunya Memiliki Manfaat Besar

2. Ubah daftar menu agar lebih menarik pelanggan

mempromosikan coffee shop baru menu1

Tahukah kamu jika daftar menu tidak hanya sekedar soal daftar produk dan harga? Kata-kata, tata letak, dan warna yang dipilih dapat berdampak besar pada kebiasaan belanja pelanggan. Jadi jika kamu ingin meningkatkan pendapatan secara diam-diam, lakukan hal-hal berikut ini dari sisi psikologis:

Menangkap mata berarti menangkap penjualan. Kelilingi produk yang paling menguntungkan dengan ruang ekstra putih, dan gunakan warna-warna berani seperti merah dan kuning untuk menarik perhatian pelanggan kepada produk-produk tersebut.

Buat daftar produk yang ingin dijual lebih dulu. Sebagian besar pengunjung akan secara tidak sadar memesan dua barang yang tertulis di bagian teratas lebih sering daripada barang-barang di bagian lainnya.

Rancang daftar menu di sekitar “Segitiga Emas”. Ketika pertama kali membuka menu, mata kita biasanya mulai di tengah, sebelum pindah ke sudut kanan atas dan kemudian kiri atas. Jadi jika kamu ingin mereka melihat penawaran khusus yang paling berharga terlebih dahulu, ketiga posisi ini adalah tempat untuk menempatkannya.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Bagi Pecinta Kopi Agar Tahu Manfaatnya

Hapus simbol mata uang dari harga menu. Dengan menggunakan nomor kosong (“25k” bukannya “Rp 25.000, -“) pelanggan didorong untuk memisahkan nomor dari jumlah uang dunia nyata – dan harga produk menjadi nampak lebih murah di mata pelanggan.

mempromosikan coffee shop baru menu2

Ciptakan respons emosional dengan nama produk kreatif. Kamu bisa menggunakan sesuatu yang unik dan belum pernah didengar sebelumnya oleh pelanggan, namun mudah diingat dan dieja hingga pelanggan akan terus mengingatnya meski sudah meninggalkan coffee shopmu.

Bagian terbaiknya dari tips kedua ini adalah; kamu perlu menyadari bahwa daftar menu tidak bertahan selamanya. Itu berarti bahwa setiap satu atau dua bulan, kamu akan menghabiskan uang yang sama untuk mencetak daftar menu baru. Tahukah kamu jika ini adalah kesempatan sempurna untuk secara rutin mencoba beberapa desain baru, item baru, atau nama produk baru.

Menu leaflet yang dilipat selalu menjadi andalan bagi kebanyakan restoran, namun kebanyakan kedai kopi saat ini memilih desain flat non folded, ukuran A5 flyer adalah yang paling umum. Urusan cetak-mencetak daftar menu dengan hasil berkualitas, kamu nggak perlu ragu, serahkan saja pada Uprint.id. Kami bisa membantumu untuk mempromosikan coffee shop baru milikmu dengan kualitas cetakan yang terbaik.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Paper Cup untuk Bisnis Kedai Kopi

3. Siapkan VIP Card untuk mengikat loyalitas pelanggan

mempromosikan coffee shop baru loyalitas

VIP card sampai saat ini masih sangat ampuh untuk menarik pelanggan untuk terus datang dan datang lagi. Maka jika kamu ingin mempromosikan coffee shop baru milikmu, inilah saat yang paling tepat untuk berbagi VIP card kepada semua orang yang datang dan lihatlah bagaimana kartu-kartu tersebut bekerja untuk mendatangkan para pelanggan kembali.

Setiap pelanggan pasti memiliki begitu banyak tempat lain yang nyaman untuk menikmati secangkir kopi atau makan malam, maka kamu harus memberi mereka sebuah alasan kuat untuk kembali ke coffee shop milikmu.

VIP card akan melakukan hal itu. Setiap kali seorang pelanggan membeli kopi di coffee shopmu, mereka akan mendapat cap atau lubang di kartu mereka. Setiap sepuluh kopi yang mereka beli, mereka akan mendapat kopi yang kesebelas secara gratis. Trik lama yang sederhana kan? Nyatanya masih terus bekerja dengan baik hingga saat ini. Buktikan saja!

Baca juga: Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Mendapat Wawasan Mengenai Kopi dari 5 Youtubers Ini!

mempromosikan coffee shop baru vip card

Bagian menarik dari selembar VIP card yaitu ketika seseorang memiliki kartu tersebut, mereka akan berkeliling untuk mempromosikan coffee shop baru milikmu di dompet mereka. Setiap kali mereka menggunakan mesin uang atau membeli sesuatu di toko lain, mereka diingatkan tentang kedai kopimu, dan fakta bahwa mereka hampir memperoleh kopi gratis.

Selain itu, teman dan keluarga mereka memiliki kesempatan untuk melihat kartu tersebut setiap kali orang itu membuka dompet mereka. Dari sini kita jadi tahu kan bahwa  VIP Card layaknya poster atau iklan tradisional, kamu memiliki peluang nyata untuk mendapatkan perhatian pelanggan baru, tanpa mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli ruang iklan.

Tentu saja, jika kamu akan menggunakan dompet pelanggan sebagai ruang iklan, kamu akan membutuhkan kartu yang bahannya kokoh dan berkualitas bagus untuk bertahan hidup dan masih terlihat layak setelah beberapa bulan digunakan – seperti kartu dengan gloss yang dilaminasi satu sisi untuk daya tahan ekstra, sisi lain tidak dilapisi sehingga cocok untuk stamping karet.

Rancang VIP card yang tahan lama, berwarna, dan menarik perhatian dengan penawaran dan alamat khusus kedai kopimu di bagian belakang, dan biarkan pelangganmu melakukan pemasaran melalui selembar kartu itu.

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Disantap Ketika Kurang Tidur. Justru Bukan Kopi Loh!

4. Promosikan coffee shopmu dengan poster berkualitas tinggi

mempromosikan coffee shop baru poster

Sebagian besar pelanggan kedai kopi tidak akan menjelajahi seluruh menu untuk menghitung penawaran terbaik. Mereka tidak membeli mobil baru – mereka hanya di sini untuk minum dan mengunyah.

Jadi ketika mereka tiba, mereka akan sering memesan hal pertama paling menarik yang mereka lihat. Dan itu berarti kamu memiliki kesempatan nyata untuk menaruh minuman dengan harga tertinggi dan penawaran khusus tepat di bawah hidung mereka.

Dapatkan beberapa poster besar, cerah, dan penuh warna yang mendorong transaksi dan penawaran yang ingin kamu jual lebih banyak, dan letakkan di tempat-tempat di mana mata pengunjung jatuh ke posisi pertama – di jendela tengah pintu depan, di atas dan di belakang di mana barista bekerja, dan di samping pintu ke toilet.

Dengan sejumlah kecil poster cetak setiap bulan atau lebih, kamu dapat terus bereksperimen dengan berbagai penawaran dan penawaran sampai kamu menemukan yang terbaik. Dan itu juga kesempatan untuk terus memutar beberapa dekorasi dengan cara murah, melalui desain dan gaya yang menarik dan cocok dengan suasana atau tema kedai kopimu.

Baca juga: Kopi Tidak Sekedar Minuman, Ketahui 3 Filosofi Kopi Berikut yang akan Membuat Kita Lebih Memahami Makna Kehidupan

5. Tambah kopi gratis!

mempromosikan coffee shop baru kopi gratis

Yang ini mungkin terdengar kontra-intuitif – memberikan kopi gratis tidak tampak seperti banyak rencana bisnis. Tapi percayalah dengan ide gila ini!

Pertama, kita dapat menggunakan cangkir yang berukuran setengahnya, sambil tetap mengenakan harga yang sama. Bahkan ketika isi ulang gratis, kebanyakan orang tidak akan melewati secangkir kopi kedua mereka – dan beberapa bahkan tidak akan memiliki yang kedua sama sekali.

Itu berarti kamu bisa membuat penawaran menarik (kopi tanpa batas) untuk diletakkan di selebaran yang kamu buat, sambil menyediakan produk yang lebih baik (kopi yang tetap segar dan panas dalam porsi yang lebih kecil) dan menghasilkan lebih banyak uang per pelanggan (memberikan rata-rata lebih sedikit dari dua setengah cangkir, tetapi selalu mengisi untuk satu cangkir penuh).

Tentu saja, kamu membutuhkan semacam batasan yang wajar. Anda dapat membatasi penawaran kopi gratis ini di jam-jam kosong kedaimu, misal jam 14.00 hingga 16.00), atau hanya menetapkan batas satu jam setiap harinya.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Mengurangi Pengeluaran Tak Terduga

6. Tangkap email mereka dengan kartu umpan balik pemenang hadiah

Kedai kopi paling sukses adalah yang belajar bagaimana mendapatkan bisnis berulang dan mempertahankannya. Itu berarti membuat pelanggan tetap senang, sementara menggambar dengan yang baru dan belajar bagaimana membuat mereka tetap bahagia juga. Cara termudah untuk melakukan ini adalah berbicara dengan pelangganmu. Cari tahu apa yang mereka sukai dan tidak suka, dan tanyakan tentang perubahan yang ingin mereka lihat.

Namun kenyataannya, sebagian besar pelanggan terlalu sopan untuk mengatakan kepada pemilik kopi bahwa ia memiliki kopi sampah dan barista yang kasar. Sebaliknya, dapatkan umpan balik melalui kartu dapat membantumu mengumpulkan pendapat yang jujur ​​dan langsung. Tentu saja, kamu tidak akan melewatkan kesempatan untuk memberikan sedikit dorongan tambahan pada pemasaran kami pada saat yang sama.

Dengan setiap kartu masukan yang dikirimkan, kita dapat memasukkan pelanggan itu ke dalam undian hadiah untuk memenangkan sesuatu yang menyenangkan – seperti kopi gratis selama seminggu, atau snack paling fenomenal di kedai kopimu. Dan dengan setiap kartu masukan yang dikirimkan, kamu juga bisa mendapatkan informasi email atau nomor hp pelanggan – yang berarti kamu memiliki cara non-invasif untuk mempromosikan penawaran khusus kedai kopimu, produk baru, atau acara mendatang. Keep it simple, kartu dengan ukuran A6 sepertinya cukup, sehingga tidak membuat pelanggan merasa kewalahan dengan terlalu banyak pertanyaan.

Setelah membaca 6 ide brilian di atas, kamu pasti tidak lagi kebingungan kan untuk mempromosikan coffee shop baru milikmu? Semoga sukses dengan bisnismu ya!