^3EAB7163C5A5F153A029AAE7A24874CE190C08E6FDFAB810F0^pimgpsh_fullsize_distr

Pada zaman ini di mana segalanya cenderung didigitalisasi, akankah metode pemasaran tradisional bertahan? Jawabannya adalah ya, pentingnya pemasaran tradisional tidak berubah. Jika Anda pikirkan, saat kebanyakan perusahaan beralih menggunakan pemasaran online dan Anda memutuskan untuk menggunakan metode pemasaran offline, tingkat persaingan Anda lebih sedikit.

Percaya atau tidak, ada banyak orang yang masih lebih memilih metode pemasaran tradisional di mana segalanya dicetak. Contoh-contoh metode pemasaran tradisional adalah pamflet, brosur, buku kecil dan masih banyak lagi. Ada dua alasan yang mendasari pilihan mereka. Pertama, dengan materi pemasaran yang dicetak, mereka mendapatkan pengalaman sensorik. Orang mendapatkan kesempatan untuk merasakan dan menyentuh hasil cetak tersebut. Selain itu, mereka juga dapat menyimpannya di dalam laci meja atau rak dan pada saat mereka membutuhkan di kemudian hari, mereka dapat dengan mudah mengambilnya kembali. Alasan kedua adalah Andalah yang membuat keputusan mengenai kepada siapa Anda akan membagikan materi pemasaran tersebut, yang membuat pemasaran offline menjadi metode yang sangat efektif.

Terdapat banyak jenis materi pemasaran cetak, satu yang telah terbukti efektif dalam pemasaran dan promosi adalah pamflet. Pamflet juga merupakan sebuah cara untuk menyediakan informasi perlu dan penting mengenai perusahaan dan bisnis Anda kepada pelanggan potensial.

Apakah pamflet itu? Pamflet memiliki fungsi untuk menyajikan teks dan informasi sehubungan dengan sebuah perusahaan atau promosi-promosi yang ditawarkan. Untuk menarik perhatian, pamflet biasanya berwarna-warni dan penuh dengan gambar. Agar pamflet Anda menjadi efektif, kami merekomendasikan Anda untuk memperhatikan unsur-unsur berikut ini:

  • Headline. Headline merupakan hal paling pertama yang perlu Anda pikirkan karena itulah tujuan di balik materi pemasaran. Terkadang tidaklah mudah untuk memutuskan bagaimana headline Anda akan terdengar. Sebuah tip untuk Anda, headline Anda harus terdengar kuat dan jelas. Headline haruslah meringkas apa yang hendak Anda katakan di dalam teks di bawah headline. Anda dapat menggunakan kata-kata dengan huruf besar dan berani untuk headline.
  • Penawaran. Agar pamflet Anda terlihat menarik, penawaran yang Anda berikan haruslah menarik. Buatlah penawaran Anda cukup menggugah, sehingga saat orang melihatnya, mereka tak dapat mengabaikannya. Bahkan jika desain pamflet Anda bagus, tetapi jika isinya tidak menarik, pamflet Anda tidak akan menjadi sangat efektif.
  • Warna. Gunakanlah warna-warna yang mewakili logo perusahaan dan bisnis Anda sebagai warna utama pamflet Anda. Dengan begitu Anda membiarkan pelanggan potensial menjadi akrab dengan merk dan perusahaan Anda.
  • Latar belakang. Desainlah pamflet Anda semenarik mungkin untuk meraih perhatian pembaca.
  • Kontak. Detil kontak merupakan suatu keharusan. Semakin rinci informasi kontak yang Anda sediakan maka akan semakin baik. Jika Anda tidak menyediakan cara-cara dasar untuk menghubungi perusahaan Anda, orang akan menjadi bingung saat mereka ingin menghubungi Anda. Akan ada kemungkinan mereka menjadi tidak tertarik dengan produk dan/atau layanan Anda.

Sebagai tambahan dari poin-poin di atas, terdapat beberapa hal lagi yang perlu Anda ingat, tetapi yang ini adalah poin-poin yang sebaiknya Anda hindari saat mendesain sebuah pamflet:

  • Terlalu banyak informasi. Jangan masukkan segalanya ke dalam pamflet. Tak ada orang yang mau membaca teks yang sangat panjang, tidak jika yang sedang mereka baca adalah bacaan yang seharusnya bersifat pendek dan ringkas.
  • Alamat email umum. Yang dimaksud dengan alamat email umum adalah alamat email seperti gmail, yahoomail, hotmail dan AOL. Mengapa Anda sebaiknya menghindari menggunakan alamat email umum? Karena mereka tersedia secara gratis. Menggunakan alamat email umum bisa saja menyiratkan bahwa Anda tidak benar-benar serius dalam menjalankan bisnis Anda, sehingga orang lain juga tidak akan menganggap Anda dengan serius.

Kesimpulannya, pamflet adalah sebuah alat pemasaran yang sangat berpengaruh selama pafmlet didesain dan dibuat dengan benar, digunakan untuk tujuan yang tepat dan dibagikan kepada target yang benar.