Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Memiliki bisnis merupakan impian sebagian besar orang. Terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji. Hingga akhirnya tidak sedikit juga yang keluar dari zona nyamannya sebagai karyawan sebuah perusahaan. Namun ada juga yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan. Untuk itu, simak tips memulai bisnis tanpa resign berikut ini.

1. Memiliki Komitmen Tinggi

Menjadi pebisnis dan karyawan dalam satu waktu bukanlah hal yang mudah. Agar masing-masing peran memiliki dampak yang positif maka diperlukan adanya komitmen dalam membangun bisnis tersebut. Dengan memiliki komitmen yang tinggi akan mudah bagi Anda menghadapi segala tantangan yang datang.

Baca juga : Manfaat Brosur untuk Peluang Bisnis yang Perlu Diketahui

2. Membuat Visi Pribadi

tips-memulai-bisnis-tanpa-resign-01

Tips memulai bisnis selanjutnya adalah buatlah visi dalam diri terkait dengan bisnis tersebut. Tulis secara detail dan lengkap visi bisnis Anda, mulai dari perjalanan bisnis, produk yang dijual, hingga pelanggan yang pernah membeli produk. Catat juga penghasilan bulanan yang Anda dapatkan dari bisnis tersebut. Setelah itu, cobalah resapi visi yang telah dibuat. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus mengembangkan bisnis dan terhindar dari pikiran negatif.

3. Belajar dari Ahlinya

Sebagai seorang pebisnis, tidak serta merta langsung menjalankan bisnis tanpa tahu langkah awalnya. Untuk itu, jangan pernah malu belajar dari ahlinya. Cobalah untuk belajar orang yang sudah berpengalaman dalam berbisnis sambil bekerja. Kemudian cobalah dalami ide kreatif, tantangan, hingga saran yang telah mereka lalui. Dengan begitu, Anda akan semakin termotivasi untuk mencapai mimpi dan tujuan dalam berbisnis.

4. Kelola Stress dengan Baik

Sebagai seseorang yang memiliki dua peran yaitu pebisnis dan karyawan, maka tingkat beban dalam pekerjaan sudah pasti bertambah. Untuk itu, Anda harus dapat mengelola stress dengan baik agar tidak terlalu merasa terbebani. Selain itu, mengelola stress dapat memperbaiki psikologis Anda dan kesehatan diri sendiri.

5. Pisahkan Pekerjaan dan Bisnis

Tips memulai bisnis selanjutnya adalah memisahkan antara pekerjaan dan bisnis. Untuk menjaga keduanya tetap seimbang, Anda harus berani mengkomunikasikan kepada pelanggan atau klien tentang keterbatasan waktu yang dimiliki. Anda juga bisa memberitahukan kepada mereka bahwa tetap bisa melakukan pelayanan di hari libur atau di luar jam kerja. Hal inilah yang bisa menjadi kelebihan Anda dibanding pengusaha lainnya.

Baca juga : Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dengan Minimum Budget untuk Modal

6. Kelola Keuangan

tips-memulai-bisnis-tanpa-resign-kelola-keuangan

Sebagai pebisnis, Anda diharuskan untuk mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Catatlah segala sesuatunya dalam satu dokumen. Jangan lupa juga untuk menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran dalam sehari. Kemudian Anda harus mengakumulasi keuangan setiap minggunya. Pisahkan antara modal dan keuntungan selama berbisnis.

Itulah beberapa tips memulai bisnis tanpa harus resign dari kantor. Ada banyak jenis bisnis yang dapat Anda kelola sendiri. Carilah bisnis yang mudah dan dapat dikelola kapan saja. Dengan begitu, Anda tidak terlalu fokus pada satu titik saja. Melainkan akan ada banyak waktu untuk mengimbangi keduanya.