Siapa sih yang tidak ingin memiliki tabungan? Pasti semua orang ingin punya tabungan. Ada yang menabung untuk beli rumah atau kendaraan. Ada yang menabung untuk pergi ke tanah suci atau traveling keliling dunia. Bahkan ada yang menabung untuk persiapan pernikahan. Hanya saja banyak yang sering mengeluh kalau menabung itu susah, seringnya semangat di awal namun mlempem kemudian. Apalagi yang sudah punya bakat boros alias tidak kuat menahan keinginan untuk beli ini itu. Jangan khawatir, Uprint.id mau berbagi tips anti gagal menabung untuk orang-orang yang merasa dirinya boros.

Baca juga: Menabung Tidak Harus di Bank, Menabung di Rumah Pun Menguntungkan Jika Mengikuti 3 Hal Ini!

1. Tentukan Target dan Skala Prioritas

tips anti gagal menabung target

Sebelum memulai menabung, sahabat Uprint.id harus menentukan target terlebih dulu. Sebaiknya ketika membuat target gunakan kunci SMART (Specific, Measurable, Actual, Relevant, Timebound) . Maksudnya target harus spesifik, jangan terlalu luas, bisa dihitung dan masuk akal serta punya batas waktu tertentu.

Misal Anda punya target menabung untuk persiapan menikah, pergi umroh dan beli rumah. Tentukan dulu skala prioritasnya, mana yang akan dicapai terlebih dahulu. Lalu spesifikkan target itu. Jangan lupa sesuaikan juga dengan kemampuan diri ya, jangan sampai demi meraih target kita sampai tidak makan seharian.

Contoh target yang spesifik:
Menabung untuk pergi umroh di bulan Januari 2018, target tabungan Rp 20 juta, per bulan harus menyisihkan sekian rupiah, dst.

Kenapa harus diberi batas waktu, agar target kita terarah dan tercapai, kalau hanya menuliskan target ingin umroh tanpa diberi batas waktu kapan ingin tercapai, akhirnya kita akan santai dalam menabung.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

tips anti gagal menabung mencatat

Jangan lupa untuk membuat catatan pemasukan dan pengeluaran dengan rinci. Hal ini akan membantu kita untuk tidak gegabah dalam mengeluarkan uang. Kita jadi bisa mengerem diri sendiri ketika over budget. Kalau malas menulis di buku, sekarang banyak lo aplikasi pencatatan keuangan pribadi yang bisa kita unduh di playstore, pilih saja mana yang paling cocok untuk Anda.

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

3. Buat Tempat Penyimpanan yang Unyu

tips anti gagal menabung celengan

Tips anti gagal menabung berikutnya yaitu membuat celengan yang unyu. Ada orang yang lebih suka menabung di bank, namun masih banyak pula yang lebih semangat untuk menyimpan uang tabungannya di rumah. Jika Anda termasuk yang kedua, agar lebih semangat menabung, cobalah membuat celengan sendiri dengan bentuk yang lucu dan setiap melihat celengan itu bisa membuat kita semangat memasukkan uang ke dalamnya. Misalnya kita bisa membuat dari bekas botol air minum lalu dihias sendiri dengan kreativitas yang kita miliki.

4. Buat Rekening Khusus Tabungan yang Tanpa ATM

tips anti gagal menabung no atm

Jika Anda lebih suka menabung di bank, pastikan tabungan Anda disimpan di rekening yang berbeda dengan rekening yang digunakan untuk harian. Jika Anda mencampur uang tabungan dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari, kemungkinan uang tabungan Anda terpakai sangatlah besar. Akhirnya tabungan yang direncanakan pun hilang sebelum digunakan. Sebaiknya untuk rekening khusus tabungan, pilih rekening tanpa difasilitasi ATM, jadi meminimalisir keinginan untuk mengambil uang di bank.

Baca juga: 6 Tips Menabung di Usia Muda

5. Cari Sahabat Menabung

tips anti gagal menabung teman

Menabung sendiri itu berat, biar Dilan saja. Ups. Maksudnya, carilah teman menabung yang bisa saling mengingatkan dan menyemangati ketika konsistensi menabung mulai turun. Kalau perlu cari teman yang galak, jadi ketika kita mulai lengah dengan target kita, dia bisa mengingatkan hingga kita merasa segan.

Semoga lima tips anti gagal menabung di atas bisa membantu sahabat Uprint.id untuk segera mencari target dan impian yang diinginkan ya! Jangan lupa buat yang mempersiapkan pernikahan, cetak undanganmu bersama Uprint.id.