Cetak Sertifikat untuk Keperluan Kegiatan Perusahaan

Cetak Sertifikat untuk Keperluan Kegiatan Perusahaan – Kamu ingin mencetak sertifikat untuk keperluan kegiatan kantor? Sudahkah kamu tahu cara membuat sertifikat yang mudah? Yuk, kepoin beberapa tips membuat sertifikat untuk keperluan kegiatan perusahaan berikut ini.

Beberapa Tips Membuat Sertifikat untuk Keperluan Kegiatan Perusahaan

Tips Membuat Sertifikat untuk Keperluan Kegiatan Perusahaan
unsplash.com/MilosLopusina

Sertifikat seringkali digunakan untuk memberikan penghargaan kepada juara ataupun peserta setelah sebuah event berlangsung. Sebagai seorang panitia kegiatan pemula, mungkin banyak diantara kamu yang masih belum lihai menggunakan aplikasi editing untuk membuat sertifikat. Apakah kamu salah satunya?

Kini, kamu tidak perlu risau lagi karena ada beberapa cara mudah yang bisa kamu ikuti guna membuat sertifikat untuk berbagai keperluan. Untuk tutorial lengkap cara membuat sertifikat dengan mudah dan cepat, simak artikel di bawah ini dan ikuti langkah-langkahnya, ya!

Baca juga: Contoh Sertifikat Beserta Penjelasan yang Dapat Menjadi Referensi

Prinsip Penting dalam Membuat Sertifikat

Salah satu hal yang membedakan sertifikat dengan lembar dokumen penting lainnya adalah desain dengan rupa menarik dari jenis tulisan yang dipakai. Kemudian, background yang mendukung keindahan, serta jenis kertas yang digunakan.

Oleh karena itu, untuk mendesain sertifikat pun tentu ada beberapa prinsip penting yang tidak boleh terlupakan. Beberapa prinsip itu antara lain:

  • Desain sertifikat yang digunakan hendaknya kamu sesuaikan dengan konsep lembaga, kegiatan, dan acara dan bisa didukung dengan konsep dasar yang kamu miliki.
  • Menggunakan software sesuai dengan kebutuhan. Kini, sudah banyak software yang bisa kamu gunakan untuk mendesain sertifikat kegiatan dengan baik. Nah, tentu saja deretan software tersebut memiliki berbagai keunggulan dan kelemahannya masing-masing.
  • Sertifikat umumnya berbentuk persegi panjang (horizontal), namun tidak dipungkiri bahwa terkadang ada pula sertifikat berbentuk vertikal.
  • Memiliki desain yang sederhana, namun tetap menarik. Mengingat sertifikat adalah lembaran yang sangat berharga, jadi tidak mungkin kan desainnya tidak menyertakan aspek estetika. Nah, oleh karena itu desain sertifikat termasuk format dan warnanya sangat perlu untuk kamu pikirkan agar tampilannya lebih indah dan jelas.

Baca juga: Ingin Membuat Sertifikat? Yuk Lihat Dulu Macam-macam Background Sertifikat Berikut Ini

Tips Membuat Sertifikat

Setelah mengetahui keempat prinsip penting dalam membuat sertifikat, yuk ulik kembali beberapa tips membuat sertifikat di bawah ini:

1. Memperhatikan Layout

Tips pertama ketika ingin membuat sertifikat adalah kamu harus memastikan layout yang digunakan cukup menarik. Usahakan tidak menyertakan banyak teks, sehingga ada ruang kosong antar baris. Kamu juga tidak perlu menuliskan kegiatan secara detail, namun cukup tuliskan informasi penting yang ingin diberikan.

2. Memilih Warna yang Cocok Menyesuaikan Tema Acara atau Lembaga

Kamu juga harus memperhatikan pemilihan warna untuk sertifikat agar membuat sertifikat tersebut tampak menarik. Misalnya, kamu ingin membuat sertifikat ditujukan sebagai penghargaan karyawan atas prestasi di perusahaan, maka pilihlah warna formal dengan warna dasar putih. Jika sertifikat tersebut ditujukan untuk kegiatan perusahaan yang bersifat santai, maka kamu bisa pilih warna sertifikat yang ceria dan colorfull.

3. Memadukan Varian Jenis Font

Desain sertifikat yang menarik juga dapat dilihat dari pemilihan jenis font yang digunakan. Ada banyak sekali jenis varian font yang tersedia pada aplikasi software pengolah gambar. Kamu pun bisa memilih beberapa jenis font untuk dipadukan dan disesuaikan dengan tipe penghargaannya apakah bersifat formal atau santai.

4. Memilih Jenis Kertas yang Cocok

Desain sertifikat menarik yang telah kamu buat harus dicetak pada kertas yang berkualitas. Mengingat sertifikat adalah lembaran berharga dan sangat bernilai, sehingga tebal tipis jenis kertas yang dipakai sangat harus diperhatikan. Pemilihan jenis kertas sertifikat akan sangat berpengaruh terhadap kesan pertama yang akan diterima oleh si pemilik sertifikat tersebut nantinya.

5. Memeriksa Kembali Nama Penerima Sertifikat Sebelum Dicetak

Tips terakhir adalah menghindari kesalahan penulisan nama untuk penerima sertifikat. Tentunya jika hal ini terjadi akan sangat tidak mengenakkan hati bukan? Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan kembali terkait nama penerima penghargaan hingga nama kegiatan di dalam sertifikat sebelum dicetak, ya!

Nah, di atas tadi adalah sedikit informasi terkait tips mencetak serifikat untuk keperluan kegiatan perusahaan yang bisa Uprint.id bagikan kepada kalian. Kini, kamu sudah sedikit memahami bukan cara membuat sertifikat? Untuk mendapatkan tips-tips hingga informasi menarik lainnya, kamu bisa mengunjungi situs blog Uprint.id dan temukan informasinya di sana, ya!

Jika kamu ingin mencetak sertifikat untuk berbagai keperluan dengan mudah, kamu bisa percayakan semuanya kepada Uprint.id. Dengan harga yang terjangkau, Uprint.id juga bisa membantu kamu mencetak keperluan kegiatan promosi atau event kantor, lho. Kamu bisa mencetak undangan acara corporate juga di Uprint.id.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Ini Dia Tips Membuat Gaun Pengantin dan Bridesmaids

Tren pernikahan sekarang memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah...

Jangan Ragu Menggunakan Canvas Print untuk Dekorasi Hunian

Mendekorasi rumah selalu menyenangkan. Sebab di sini Anda sebagai...

4 Tips Membuat Poster yang Menarik

Cetak Poster - Banyak cara untuk membangun brand awareness dan...

Macam-macam Desain Canvas Print yang Dapat Menjadi Inspirasi

Membuat dekorasi rumah yang lebih menarik, akan menambah suasana...