Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Studi menunjukkan bahwa konsumen senang membaca katalog mirip majalah. Itu sebabnya mereka rela menghabiskan waktu untuk terlibat dengan mereka. Bahkan, waktu rata-rata yang dihabiskan untuk melihat katalog adalah kurang lebih 15 menit dan konsumen cenderung mempertahankannya selama beberapa minggu. Katalog juga merupakan alat retensi pelanggan yang kuat karena orang-orang bahkan lebih mungkin membaca dan menyimpan katalog dari pengecer yang mereka miliki dibeli dari sebelumnya. Maka tak heran jika dikatakan bahwa katalog adalah alat pemasaran paling efektif.

Katalog tidak hanya menyediakan ruang promosi yang berkekuatan super, katalog juga membawa dorongan untuk melakukan pengiriman email secara langsung, mereka telah menjadi bagian integral dari kampanye saluran penjualan dengan mengarahkan pelanggan ke pengalaman digital. Katalog saat ini telah menjadi pengendara lalu lintas seluler, situs web, dan di dalam toko.

Selain itu, katalog tetap merupakan kendaraan akuisisi yang efektif. Pengecer pakaian pria populer melaporkan bahwa 20% pelanggan situs web pertamanya melakukan pesanan setelah menerima katalog. Dan mereka menghabiskan satu setengah kali lebih banyak dari pembeli baru yang tidak menerima katalog lebih dulu.

Baca juga: Memahami Karakter Jenis Kertas dalam Dunia Percetakan

Mengapa Katalog adalah Alat Pemasaran Paling Efektif?

Dalam artikel ini, kita akan melihat 10 alasan kuat mengapa katalog harus menjadi bagian integral dari strategi pemasaran Anda.

katalog adalalah alat pemasaran paling efektif makanan

1. Katalog memengaruhi keputusan pembelian.

Tahukah Anda bahwa katalog benar-benar memiliki pengaruh yang lebih kuat pada keputusan pembelian daripada situs web atau iklan TV? 72% orang yang disurvei mengatakan bahwa katalog membuat mereka lebih tertarik pada produk pengecer itu, dan 84% telah membeli item setelah melihatnya di katalog.

Melihat alasan ini, yang perlu Anda lakukan yaitu unggulkan konten tambahan yang membantu pelanggan Anda terhubung dengan produk Anda dan perusahaan Anda. Studi menunjukkan bahwa katalog yang menyertakan konten untuk mengekspresikan kepribadian merek memiliki potensi untuk mendorong peningkatan penjualan. Bahkan, 65% mengatakan mereka akan membaca konten tambahan. Konten tersebut dapat mencakup cerita seputar bagaimana produk digunakan atau dibuat, artikel terkait yang memberikan informasi lebih dalam dan profil pelanggan atau karyawan.

Baca juga: Cari Ide untuk Memasarkan Usaha Kecil Anda? 7 Hal Ini Mungkin Membantu!

katalog adalah alat pemasaran paling efektif untuk event

2. Orang-orang terlibat dengan katalog pada tingkat yang lebih dalam.

Pengalaman pembelian telah menjadi masalah besar. Melalui cerita dan gambar, katalog membawa orang dalam perjalanan atau bahkan petualangan. Itu sebabnya katalog mampu mendorong keterlibatan yang lebih dalam dengan pengecer dan produk mereka. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata lama waktu seseorang menyimpan katalog adalah 20 hari. 84% orang senang mendapatkan katalog dari pengecer yang sebelumnya mereka beli darinya.

Berkaca dari alasan ini, maka yang harus Anda lakukan yaitu tawarkan promosi waktu terbatas. Studi menunjukkan bahwa keterlibatan dengan katalog paling kuat ketika penjualan ditampilkan. Promosi menciptakan rasa urgensi dan membuatnya mudah untuk menghargai pelanggan Anda. Bahkan, 81% orang lebih mungkin membeli barang setelah melihat katalog pada bagian fitur barang yang dijual.

Baca juga: Bisnis yang Satu Ini Cocok Buat Kalian Si Hobi Belanja. Dijamin Balik Modal Lebih!

katalog adalah alat pemasaran paling efektif warna

3. Katalog adalah landasan untuk perjalanan pembelian multi-channel.

Katalog memperkenalkan ide-ide baru. Mereka menciptakan kesadaran dan menginspirasi konsumen untuk membeli melalui saluran lain. Penelitian menunjukkan bahwa katalog adalah alat pemasaran paling efektif untuk mendorong pelanggan mengunjungi situs e-commerce untuk mengoptimalkan pembelian.

Ide yang layak dilaksanakan berdasar alasan ini yaitu Anda perlu untuk memperluas identitas merek Anda dengan menggunakan nada dan citra yang sama melalui semua saluran media Anda, termasuk online, media sosial, dan cetak. Pastikan untuk menyertakan beberapa opsi pemesanan di katalog Anda, seperti tautan situs web, nomor telepon, atau formulir email.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Spesifikasi Cetak sebelum ke Percetakan

katalog adalah alat pemasaran paling efektif produk plastik

4. Penelitian neurosains mendukung nilai katalog fisik sebagai pelengkap komunikasi digital

Dengan mempelajari otak konsumen, sains menggali lebih dalam pemasaran untuk menganalisis apa yang berhasil dan yang tidak. Hasilnya menunjukkan bahwa “iklan fisik meninggalkan dampak jangka panjang yang lebih lama agar mudah diingat ketika membuat keputusan pembelian dibandingkan iklan digital. Yang paling penting, iklan fisik memicu aktivitas di area otak (ventral striatum) yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi nilai dan keinginan untuk produk unggulan, yang dapat menandakan niat yang lebih besar untuk membeli.” Singkatnya, neurosains telah membuktikan bahwa katalog bisa membantu calon klien potensial untuk mengingat produk dalam periode yang lebih lama, asosiasi merek yang lebih kuat dan koneksi emosional yang lebih dalam.

Berdasarkan alasan keempat ini, Ide yang layak dilaksanakan yaitu dengan memetakan perjalanan pelanggan Anda dari kesadaran untuk membeli. Hal ini untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana katalog yang paling sesuai dengan pengalaman mereka. Apakah mereka lebih suka katalog dengan desain tradisional atau apakah mereka pembeli daring yang mencari kepuasan instan? Mengumpulkan wawasan berharga ini dapat membantu Anda membuat katalog yang memberi audiens apa yang mereka inginkan dan memberi Anda lebih banyak uang.

Baca juga: Ada 3 Strategi Pemasaran Tradisional yang Tak Boleh Anda Lewatkan, Apa Saja?

katalog adalah alat pemasaran paling efektif otomotif

5. Katalog menjembatani kesenjangan antara dunia fisik dan dunia digital.

Saat kertas dan piksel bertemu, hal-hal menakjubkan bisa terjadi. Katalog menawarkan platform fisik yang sempurna untuk mengintegrasikan teknologi digital dinamis seperti augmented reality (AR), Dynamic QR Code®, near field communication (NFC) dan banyak lagi. Teknologi ini dapat membantu Anda menghadirkan pengalaman interaktif yang menarik dan melompat dari halaman katalog  hingga mendorong konsumen ke pengalaman merek yang akan mereka ingat, serta properti digital Anda, seperti situs web, aplikasi seluler, media sosial, dll.

Ide yang patut dicoba berdasarkan alasan ini yaitu Anda harus segera menciptakan fitur digital baru yang bisa memberikan kesan hubungan baik anatara promo fisik dan digital dalam satu katalog. Fitur digital di dalam sebuah katalog saat ini merupakan “nilai tambah” tanpa biaya kepada pemasar.

Baca juga: 5 Cara Membuat Newsletter yang Efektif dan Menghasilkan

katalog adalah alat pemasaran paling efektif interior

6. Katalog membangkitkan emosi dan asosiasi yang kuat dan positif.

Dari nuansa kertas di ujung jari Anda hingga daya tarik visual gambar, katalog memberi pembaca pengalaman nyata dan multidimensional yang menstimulasi berbagai indera secara bersamaan. Pengalaman fisik ini membantu membuat ingatan dan koneksi. Mereka juga menginspirasi pembaca dengan berbagai kemungkinan, membantu menyediakan pelarian dari tekanan harian. Studi menunjukkan bahwa katalog bahkan membantu meredakan kecemasan sekitar menerima tagihan.

Lakukan ide ini untuk membuat katalog yang bernas. Satu hal yang wajib Anda tahu bahwa tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua. Meskipun inventaris Anda dapat menentukan ukuran katalog Anda, pertimbangkan untuk menguji berbagai format dan ukuran khusus untuk melihat apa yang paling direspon dengan baik oleh pelanggan Anda. Menggunakan teknik pencetakan inovatif seperti tekstur dan bau juga dapat membuat katalog Anda menonjol.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Era Digital Tetap Membutuhkan Materi Cetak

katalog adalah alat pemasaran paling efektif fotografi

7. Katalog dapat memanfaatkan data pelanggan untuk mempersonalisasi pengalaman.

Berkat basis data industri besar yang berisi informasi demografis pada jutaan rumah tangga, menargetkan dengan katalog kini jauh lebih mudah. Dan berkat pembelian online, banyak pengecer telah mengumpulkan basis data mereka sendiri yang dapat digunakan untuk menentukan segmentasi pelanggan mereka berdasarkan jenis dan perilaku pembeli. Mengidentifikasi ceruk dan vertikal membantu Anda hanya menargetkan prospek berkualitas tinggi — sehingga Anda mendapatkan katalog yang tepat untuk orang yang tepat. Misalnya, Anda dapat memamerkan kelompok produk yang berbeda ke audiens target, seperti pegolf atau juru masak, yang lebih cenderung membeli, yang pada akhirnya membantu meningkatkan ROI. Segmentasi juga membantu mengimbangi biaya produksi katalog karena mereka pergi ke pelanggan yang telah menunjukkan minat pada kategori produk tertentu.

Ide yang  layak dilaksanakan yaitu sesuaikan katalog Anda menggunakan data pelanggan dari pembelian sebelumnya untuk menyoroti produk yang mereka minati. Ini membantu Anda mengantisipasi kebutuhan mereka dan mendorong kesetiaan. Ini juga dapat membantu Anda mengirim lebih sedikit katalog kepada mereka yang memiliki niat membeli lebih rendah dan lebih banyak kepada mereka yang memiliki niat lebih besar.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Katalog Online yang Eye Catching?

katalog adalah alat pemasaran paling efektif farmasi

8. Katalog memungkinkan atribusi dan hasil yang dapat diukur.

Dengan tekanan anggaran pada pemasar untuk membuktikan ROI, atribusi lebih penting daripada sebelumnya. Berbekal pengetahuan tentang lead yang datang dari mana, Anda dapat lebih baik menilai apakah katalog Anda memenuhi tujuan Anda. Tergantung pada kinerjanya, Anda dapat menyesuaikan inventaris, menyalin, visual, penawaran, dan driver digital sesuai kebutuhan. Dengan tanggal surat dan pelanggan yang definitif dan kode sumber, katalog mudah dilacak. Telepon, surat dan pesanan online serta promosi khusus semuanya dapat dilacak dengan kode, sehingga Anda dapat mengatributkan penjualan ke katalog tertentu. Mengemudi pelanggan ke aplikasi digital dari katalog Anda juga menyediakan pelacakan instan.

Lakukan ide yang terkait dengan mengukur keefektifan katalog Anda menggunakan pengambilan kode kunci dan program pencocokan kembali sehingga Anda dapat melacak siapa membeli apa dan kapan ia membelinya. Banyak pengecer menyinkronkan basis data pelanggan online mereka dengan data katalog mereka, sehingga mereka dapat menguji apa yang terjadi ketika disinkronkan dengan saluran lain.

Baca juga: Pilih Brosur, Katalog atau Selebaran?

katalog adalah alat pemasaran paling efektif dan elegan

9. Katalog memberikan kemudahan, kenyamanan, dan relaksasi.

Mudah untuk didapat dan dibaca. Katalog memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menikmati sebuah pengalaman yang diangkut melalui gambar dan cerita. Ini juga memberi mereka waktu untuk menemukan barang baru dan membuat pilihan terbaik. Katalog dapat diakses di mana saja, yang memungkinkan pembaca untuk menelusuri kecepatan mereka sendiri dan pada jadwal mereka sendiri dengan lebih sedikit gangguan. Dan dengan menampilkan pilihan produk yang terfokus, katalog menghemat waktu orang yang hilang dalam mencari situs web. Itulah mengapa konsumen melaporkan bahwa katalog itu menyenangkan dan menyenangkan untuk dijelajahi.

Ide yang layak dilaksanakan terkait hal ini yaitu batasi frekuensi katalog Anda dengan mengirimkannya secara triwulan atau musiman. Ini mempromosikan perhatian, minat dan kegembiraan atas kedatangan mereka.

Baca juga: Mengenali Perbedaan antara Katalog, Booklet dan Newsletter

katalog adalah alat pemasaran paling efektif cafe and bar

10. Semua generasi mengatakan mereka menyukai surat fisik, terutama generasi millennial.

Meskipun generasi milennial adalah generasi teknologi yang lebih sering mendapat newsletter lewat email,namun para baby boomer dan Gen Xers melaporkan koneksi masa kecil yang kuat pada katalog di masa kecil mereka telah mendorong perasaan ingin tahu, harapan, dan kegembiraan.

Dari alasan kesepuluh ini, maka sudah jadi kewajiban bagi Anda untuk menghubungkan katalog dengan mail atau milis yang akurat.

Saat ini katalog adalah alat pemasaran paling efektif, bahkan katalog dianalogikan sebagai sumber listrik. Kita semua butuh listrik bukan? Begitu juga pebisnis, Anda pasti butuh katalog untuk memasarkan produk dengan lebih mudah dan cerdas. Ini bukan lagi kompetisi antara digital dan cetak. Ini semua tentang menggunakan kekuatan masing-masing media dan menawarkan yang terbaik dari kedua dunia untuk menciptakan inspirasi dan keterlibatan yang memuaskan pelanggan Anda dan laba perusahaan Anda.