Dalam dunia bisnis khususnya pada era digital seperti saat ini, banyak cara ditempuh oleh para pelaku usaha untuk tetap dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan yang semakin ketat juga akan mendorong munculnya ide-ide kreatif dari para pelaku usaha. Namun seberapa kreatifnya seseorang, terkadang tetap saja ada sesuatu yang akan menghalangi mereka dalam mengimplementasikan kreativitas.

Membicarakan tentang persaingan dan kreativitas tentu aspek promosi menjadi salah satu hal yang sangat sesuai untuk dikaitkan. Dengan adanya persaingan yang semakin intens, maka setiap perusahaan akan semakin gencar melakukan promosi agar bisnisnya tetap stabil dan sebisa mungkin memperoleh peningkatan. Dalam melakukan promosi, setiap perusahaan tentulah berusaha keras agar konsumen tertarik dengan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan.

cetak brosur

Salah satu media promosi yang masih cukup banyak digunakan oleh para pelaku usaha adalah brosur. Meskipun saat ini telah memasuki era digital, namun faktanya media promosi yang satu ini masih awet dipertahankan oleh para pelaku usaha. Dan bagi Anda para pelaku usaha yang ingin membuat brosur sebagai media promosi, maka Anda wajib menyimak ulasan kami kali ini hingga tuntas. Kenapa? Jawabannya mudah, karena kali ini kami akan secara khusus mengulas tentang brosur unik yang dapat membantu melancarkan promosi produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

Cara Kreatif Membuat Brosur Unik

creative-brochure-designs-37-600x3932

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, dalam berpromosi Anda harus memiliki kreativitas tak terhingga agar dapat membuat banyak orang terkesan. Hal ini juga berlaku untuk pembuatan brosur.

Brosur merupakan salah satu media promosi yang terbilang cukup efektif dan bahkan memiliki biaya lebih rendah jika dibandingkan dengan media lain. Meskipun berpredikat sebagai media promosi dengan biaya yang cukup rendah, bukan berarti brosur itu tampil apa adanya. Karena jika Anda membuat brosur dengan tampilan apa adanya, maka predikat brosur sebagai salah satu media promosi yang efektif akan hilang begitu saja.

Jadi apakah Anda harus membuat brosur dengan tampilan wah? Jawabannya adalah tidak. Karena untuk membuat brosur dengan tampilan menarik, Anda hanya butuh untuk berpikir kreatif sedikit lebih banyak, Anda harus menciptakan brosur yang unik.

Anda tidak perlu khawatir karena untuk menciptakan brosur yang unik yang mampu menarik minat konsumen, Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut ini :

  1. Konsep, Tema, dan Penggunaan Struktur Brosur

Sebelum membuat brosur, Anda harus memastikan terlebih dahulu mengenai penggunaan brosur. Dengan begitu Anda akan dapat menentukan konsep, tema dan struktur brosur secara mudah dan jelas. Ketiga hal ini patut Anda pastikan karena Anda memiliki merk yang harus dipromosikan dan tentunya ingin pangsa pasar untuk Anda kuasai bukan?

cetak brosur
  1. Unik dan Kreatif

Kedua karakter positif di atas akan sangat membantu aktivitas promosi Anda. Menjadi kreatif dan unik bukan berarti Anda harus berdiri sendiri. Anda dapat melihat brosur perusahaan lain sebagai contoh dan perbandingan sebelum membuat brosur sendiri.

  1. Perhatikan Ukuran Cetakan

Ukuran cetakan harus Anda perhatikan dengan baik karena akan memengaruhi desain layout dan struktur brosur yang Anda buat. Pastikan Anda membuat perhitungan yang tepat dan seimbang.

cetak brosur
  1. Penggunaan Bleed

Istilah ini sangat dikenal oleh para desainer grafis, namun jika Anda adalah orang awam maka Anda perlu tahu bahwa bleed digunakan untuk mengantisipasi rendahnya akurasi dari hasil cetak potong. Dengan kata lain bleed berguna untuk meminimalisir risiko pemotongan kertas yang tidak utuh.

  1. Gunakan Gambar Resolusi Tinggi

Pastikan Anda menggunakan gambar dengan resolusi tinggi untuk mendukung keunikan brosur. Brosur unik Anda akan sia-sia jika Anda mengabaikan faktor ini.

cetak brosur
  1. Gunakan Huruf yang Tepat

Pemilihan huruf yang tepat juga akan memengaruhi keunikan brosur. Pastikan huruf pilihan Anda sesuai dengan desain layout dan juga ukuran brosur.

  1. Perhatikan Judul, Poin, Grafik, dan Gambar

Keempat faktor ini akan menjadi sorotan utama bagi pembaca brosur Anda. Jadi pastikan keempat-empatnya sudah Anda pikirkan dengan matang.

cetak brosur
  1. Sampul yang Menarik

Dalam hal apapun tampilan depan alias sampul itu penting. Karena bagian sampul adalah bagian pertama yang tertangkap oleh indera penglihatan seseorang. Pastikan sampul brosur Anda menarik minat orang untuk membaca brosur Anda.

  1. Buat Brosur yang Berdaya Guna

Mayoritas brosur akan berujung di tempat sampah jika sudah tidak diperlukan lagi. Dari sini Anda dapat mencoba membuat brosur unik yang dapat diberdayakaan meskipun sudah tidak diperlukan lagi. Misalnya Anda dapat membuat brosur dengan pop up art sehingga nanti dapat digunakan sebagai hiasan oleh si penerima brosur.

cetak brosur

Inspirasi Brosur Unik dan Kreatif

Sebuah brosur harus memiliki struktur yang bersih dan rapi. Jika Anda ingin memiliki brosur yang unik maka tampilkan gambaran jelas tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada calon konsumen. Berikut ini inspirasi brosur-brosur unik yang patut Anda pertimbangkan :

# Yahoo Search Marketing Brochure

Yahoo

# SFS Intec

brochure_visual_SFSfunky

# Nick Cave

nick cave brochure

# Reblog

creative-best-brochure-design (23)

# Triangular Folding Brochure

triangular brochure

# Audi

audi brochure

# Bloomberg Art
bloomberg art# 2008 Calendar Brochure

calender

# Birth Announcement Leon

beautiful_brochure_design

# Accordian

accordian brochure

# Key Slovenia Contemporary Slovenian Writers

key slovenia

# Falcony UAE

Falconry_Brochure-unique-brochure-design

# Perfil Institucional

creative-best-brochure-design (23)

cetak brosur dan flyer