Bisnis online menawarkan kemudahan yang menjadikannya semakin digemari banyak orang. Namun demikian, jika Anda ingin melakukan promosi yang lebih besar, Anda perlu melakukannya secara offline. Meskipun zaman terus berkembang dan perubahan selalu datang, tak ada yang bisa mengalahkan efektifnya strategi promosi yang melibatkan interaksi manusia secara langsung. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan promosi offline untuk bisnis online, berikut beberapa tipsnya!
1. Adakan trunk shows
Disebut trunk karena acara ini merupakan event yang memberikan Anda kesempatan untuk memberikan merchandise secara langsung kepada para pelanggan Anda. Anda bisa mengadakan trunk shows ini di lokasi-lokasi yang mendukung seperti perumahan hingga ruang hotel. Untuk beberapa kasus, trunk shows ini biasanya merupakan acara eksklusif di mana hanya mereka yang masuk dalam daftar undangan terbatas yang bisa mengakses acara yang Anda adakan.
Acara ini sangat pas Anda lakukan jika Anda memiliki satu koleksi atau penawaran terbatas namun memiliki budget yang rendah. Melalui acara ini, Anda bisa mendapatkan feedback dari para pelanggan. Ini merupakan acara berbiaya rendah sekaligus dapat mengetes pasar Anda. Tentukan saja apakah Anda ingin acara ini dikemas sebagai acara eksklusif atau terbuka untuk publik. Manfaatkanlah juga kesempatan ini untuk berhubungan dengan pelanggan Anda satu per satu.
2. Trade show
Anda bisa mengikuti trade show atau association yang akan meningkatkan hubungan Anda dengan perusahaan lain dan target pasar Anda. Agenda yang digelar oleh pihak tertentu dalam rangka ajang pameran ini bisa jadi sangat efektif bagi Anda yang ingin memperkenalkan produk Anda menjadi lebih luas. Mamfaatkanlah momen ini dengan maksimal dengan cara menyiapkan berbagai produk andalan yang akan menyambut konsumen dan pembeli agar berdatangan. Melalui trade show, Anda dapat berinteraksi dengan target audiens dan sebagai ucapan terima kasih, Anda bisa memberi mereka beberapa sampel produk di dalam sebuah paper bag.
3. Pop-up shop
Apabila Anda ingin agar produk bisnis online Anda dapat terdistribusi dengan baik, Anda dapat melakukannya melalui pop-up shop. Pop-up shop merupakan salah satu alternatif channel distribusi yang sudah cukup terbukti cukup efektif dalam meningkatkan awareness produk yang ditawarkan.
Melalui pop-up shop, Anda bisa melakukan pendekatan pada konsumen dengan risiko yang lebih minimum. Hal ini karena pop-up shop bersifat tidak permanen sehingga investasinya relatif lebih kecil dan exit strateginya juga mudah. Anda juga bisa memanfaatkan pop-up shop sebagai market test untuk melihat animo market di lokasi tertentu sebelum dibuka secara permanen.
4. Pop-in shop
Jika pop-up shop berarti Anda membuka mobile outlet di suatu lokasi tertentu, pop-in shop merupakan cara yang lebih baru. Konsepnya hampir sama, namun cukup berbeda karena pop-in shop dibuka dalam sebuah store, atau disebut juga store-within-a-store. Membuka pop-in shop bisa menjadi pilihan terbaik apabila Anda ingin meraih pelanggan Anda merasakan keberadaan produk Anda dengan biaya yang paling minim.
Itulah beberapa cara mempromosikan bisnis online Anda secara offline agar bisnis online Anda semakin dikenal dan berkembang. Semoga bermanfaat tips promosi offline, ya!